Rabu, 26 Juni 2019

Perkenalkan Pariwisata Digital, D3 Pariwisata UNS Gelar Tourism Expo

Ikon UNS Tourism Expo 2019 yang terletak di pintu masuk lokasi (24/06/2019). (Dok. Pribadi)

Lpmvisi.com, Solo - Senin (23/06), mahasiswa D3 Usaha Perjalanan Pariwisata Universitas Sebelas Maret (UNS) angkatan 2017 dan 2018 menyelenggarakan sebuah acara bertajuk UNS Tourism Expo 2019. Mengangkat tema “Road to Digital Tourism”, kegiatan ini menggabungkan konsep tradisional dan modern dalam dunia pariwisata. Bertempat di Danau UNS, acara yang berlangsung sejak pukul 09.00 hingga 22.00 WIB ini berupaya menarik mahasiswa UNS, masyarakat sekitar, agen travel, serta pengurus desa wisata. Expo tersebut diisi oleh booth kuliner, kerajinan tangan, desa wisata, serta info tour and travel. Tak hanya itu, Expo ini juga dimeriahkan dengan berbagai lomba dan pertunjukan musik.

“Alasan dalam memilih tema ini adalah perkembangan zaman yang pesat dan perkembangan teknologi. Digital tourism sendiri mengarah ke sekarang pesan hotel dan tiket transportasi dengan digital,” tutur panitia divisi acara, Restu Ning. “Tema ini berbeda dengan tahun lalu yang mengambil tema tradisional, masih banyak dolanan-nya kayak congklak dan egrang. Kalo yang sekarang dibanyakin travel dan desa wisata kerajinannya.”

Dr. Deria Adi Wijaya, S.ST.Par., M.Sc., selaku Kepala Program Studi D3 Usaha Perjalanan Pariwisata UNS menyampaikan dukungannya. Ia menyampaikan jika acara ini sudah ketiga kalinya digelar, dan kali ini menargetkan agar pengunjung melek media. UNS Tourism Expo 2019 juga merupakan bagian dari pemenuhan tugas akhir semester bagi mahasiswa program studi tersebut. Pihak kampus dan usaha ekonomi kreatif dari mahasiswa menunjang berlangsungnya acara ini.

Rangkaian kegiatan juga diisi dengan pertunjukan musik secara live oleh beberapa band indie, seperti Trox, BerryRock, dan Nomaden. Kehadiran OUTPLAIN, dan KKMS (Komunitas Keroncong Muda Surakarta) sebagai bintang tamu juga ikut menambah kemeriahan acara. Tidak hanya hiburan, panitia juga memasukkan agenda talkshow bersama Pembimbing Desa Wisata, Hannif Andy Al-Anshori, untuk menambah wawasan seputar pariwisata. Berbagai kompetisi turut diselenggarakan untuk melengkapi acara, yaitu speech contest, fotografi, dan tour package yang dibuka untuk umum. Pengumuman pemenang dilakukan pada sore hari sebelum acara ditutup. Penampilan dari DJ Henry pada akhir acara berlangsung semarak dengan diiringi oleh antusiasme pengunjung yang tinggi. (Ainaya, Anita, Dea, Naila, Yulita)


SHARE THIS

0 komentar: