Sabtu, 27 April 2024

Usung Tema Skena, ISI Surakarta Siap Menari 24 Jam Nonstop

(Konferensi Pers Skena Menari ISI Surakarta dalam rangka sambut Hari Tari Sedunia pada Jumat (24/4) / Dok. Nathalia)

Lpmvisi.com, Solo – Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta akan ikut ramaikan Hari Tari Dunia. Hal ini diungkapkan pihak ISI Surakarta pada Konferensi Pers Skena Menari #18 pada Jumat (26/4) lalu. Acara ini mengambil tema "Skena Menari: Bersua, Bercengkrama, Berkelana" sebagai perayaan delapan belas tahun pelaksanaan World Dance Day 24 Jam Menari ISI Surakarta. 


Pemilihan tema Skena Menari diambil karena sesuai dengan kehidupan anak muda zaman sekarang yang gemar berskena, yaitu bersua, bercengkrama, dan berkelana. Dengan adanya Skena Menari, maka akan ada banyak pertemuan dengan teman baru, lingkungan baru, atmosfir baru, karya baru yang nantinya boleh jadi menghasilkan sebuah karya dan ilmu baru dalam seni pertunjukan. 


Menurut keterangan pihak ISI, acara ini akan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Dulu acara ini hanya berupa festival saja, tetapi pada tahun ini akan ditambahkan skena dan menari selama 24 jam. Pertunjukan akan diadakan dalam skala besar meliputi seluruh area kampus hingga luar kampus. Berbeda dari tahun sebelumnya yang hanya berada di area pendopo, teater kecil, dan teater besar. 


Acara ini akan dimeriahkan oleh 131 komunitas tari dengan jumlah peserta lebih dari 3000 orang. Tak hanya itu, terdapat pula  8 penari yang akan menari selama 24 jam nonstop bersama 3 musisi yang mengiringi musik. “Kami dari awal memberlakukan hari tari dunia dengan satu motivasi penting bahwa dance never end,” ungkap Dr. Eko Supriyanto M. FA (Ketua Prodi Koreografi Inkuiri) sebagai salah satu sosok penggagas tema acara ini. Selain itu, akan ada satu penari yang berasal dari Bandung akan menari mulai dari Stasiun Solo Balapan hingga ke gedung rektorat dengan berjalan kaki. 


Dwi Rahmani, M. Hum (Ketua Prodi Tari) mengungkapkan harapan-harapannya kepada acara ini kedepannya agar berjalan lancar dan sukses. Selanjutnya, ia mengharapkan acara ini mendapatkan respon dari manca negara sehingga nama ISI Surakarta akan semakin tenar di kancah internasional. (Dhaniska, Lia, Mohan, Nathalia)




SHARE THIS

0 Comments: