Tuesday, September 24, 2013

Pertunjukkan Korea Selatan Jadi Favorit SIPA 2013

Dok. VISI/ Ilham

Solo - Solo International Performing Art (SIPA) 2013 berlangsung selama tanggal 20-22 September 2013 di Benteng Vastenburg, Solo dengan mengangkat tema “The Legend, History of World Culture"Penyelenggaran SIPA kelima kali ini menampilkan sebanyak 18 delegasi, dengan tujuh diantaranya delegasi mancanegara antara lain Korea Selatan, Jepang, Malaysia, Inggris, India, Swedia dan Cina.

Selama tiga hari berlangsungnya SIPA 2013, penampilan delegasi asal Korea Selatan berhasil menarik perhatian pengunjung. Seperti  diungkapkan mahasiswi Manajemen Administrasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Ratna Pertiwi, Sabtu (21/9). “So far so good acaranya. Aku paling suka penampilan delegasi Korea Selatan, makin suka sama Korea gara-gara SIPA,” terangnya ketika ditemui VISI pada pertengahan acara SIPA.

Grup musik bernama Noreum Machi yang menjadi delegasi Korea Selatan tersebut, menampilkan pertunjukkan musik menggunakan alat perkusi serta tiup dengan diiringi tarian. Pada hari kedua SIPA 2013, grup yang beranggotakan lima orang ini, menampilkan tarian dan musik dengan memakai baju tradisional Korea serta topi pita panjang yang diliuk-liukkan.

Senada dengan Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Nurul Istiqomah, penampilan Noreum Machi paling disukainya karena menarik dari awal. “Dari Korea Selatan yang paling bisa mengajak penontonnya untuk tertarik dan mereka aktif untuk penonton ikut serta,” jelasnya sesaat sebelum acara SIPA dimulai, Minggu (22/9).

Turut tampil pula bersama Noreum Machi pada hari kedua SIPA 2013, delegasi Indonesia yakni Sanggar Lungun Aceh, Pring Serentet Banyumas yang menampilkan Tari Ronggeng Manis dan Wayang Ajen Jawa Barat dengan wayang golek bergaya komedi.

Lebih lanjut, Nurul mengungkapkan harapannya agar SIPA lebih banyak menampilkan delegasi dari Indonesia. “Semoga semakin dibanyakin delegasi dari Indonesia, yang pernah tampil pun dihadirkan kembali juga bagus,” pungkasnya. (Ilham)


SHARE THIS

0 comments: