Kamis, 30 Mei 2024

Usung Tema Emosional Bertajuk ‘In-Site’, Artweek 2024 Resmi Digelar

(Suasana lokasi Artweek 2024 di malam hari pada Rabu (29/5) / Dok. Ayesa)
 

Lpmvisi.com, Solo - Artweek 2024 yang diselenggarakan oleh Fakultas Seni Rupa dan Desain Universitas Sebelas Maret (FSRD UNS) di bawah naungan Keluarga Mahasiswa Seni Rupa (KMSR) resmi digelar. Pada tahun 2024 ini, Artweek diselenggarakan pada hari Rabu-Jumat, 29-31 Mei 2024 yang berlokasi di Gedung FSRD UNS.


Artweek merupakan acara dua tahun sekali sebagai pekan kesenian FSRD sekaligus perayaan keluarnya FSRD UNS dari Fakultas Sastra dan Seni Rupa (FSSR) yang sekarang menjadi Fakultas Ilmu Budaya (FIB). 


Aliyah Yasmin (20), Chief Executive Artweek 2024, mengungkapkan Artweek 2024 mengangkat tema ‘In-Site’ dengan subtema masa kanak-kanak, masa remaja, dan masa dewasa. Tema pada tahun ini menitikberatkan pada sisi emosional pribadi dan bagaimana seseorang bisa melihat melalui perspektif

orang lain. 







(Ruang Pameran ‘Masa Anak-Anak’ Artweek 2024 di FSRD UNS / Dok. Ayesa)

Persiapan Artweek 2024 memakan waktu selama 5-6 bulan hingga waktu pelaksanaannya. Meski menghadapi hambatan seperti keperluan legalitas, sulitnya pencairan dana, pemilihan venue, hingga harmonisasi anggota kepanitiaan, semua hal tersebut diatasi dengan manajemen yang baik dari panitia, sehingga Artweek 2024 dapat terselenggara. 


“Mewujudkan leadership yang ada, karena semua orang itu leader. Gimana caranya untuk mengembangkan jiwa leadership di sistematika manajemen (tiap anggota) itu,” jelas Aliyah ketika ditanya mengenai tantangan pada penyelenggaraan event ini dan solusinya.


Tidak hanya ramai di bagian depan gedung FSRD UNS yang menampilkan performance saja, situasi dalam gedung juga cukup dipenuhi pengunjung. Beberapa di antaranya merupakan mahasiswa FSRD UNS dan juga mahasiswa dari fakultas lain yang ingin menikmati instalasi-instalasi seni yang ada.


Axel (20), salah satu pengunjung Artweek 2024 hari pertama mengungkapkan rasa penasarannya terhadap karya-karya di Artweek 2024 ini.  “Ya, datang hanya ingin melihat-lihat dan menikmati karya seni saja. Dibandingkan tahun lalu, ini termasuk kelihatan perkembangannya,” ungkapnya setelah berkeliling pameran, Rabu (29/5/2024).


Pameran seni di Artweek 2024 ini memamerkan berbagai karya dari siswa SMK kesenian hingga mahasiswa daerah Solo, Jogja, dan keseluruhan Jawa Tengah. Karya utamanya merupakan hasil karya dari mahasiswa FSRD itu sendiri, tetapi terdapat juga karya dari mahasiswa universitas lain, seperti ISI Yogyakarta, ISI Solo, hingga Universitas Pendidikan Indonesia. 


Selain itu, di Artweek 2024 ini juga terdapat berbagai bootcamp dan tenant-tenant menarik serta ada juga penjual makanan dan minuman untuk menemani pengunjung setelah lelah melihat pameran. Terdapat juga stand yang cukup menarik dimana pengunjung bisa berfoto ala polaroid dengan hasil foto berupa ilustrasi yang digambar langsung oleh mahasiswa FSRD itu sendiri.


Suksesnya acara ini tentu menambah rasa puas serta harapan akan lancarnya kegiatan hingga hari terakhir Artweek 2024. “Agar menjadi refleksi dan orang lebih mengerti diri sendiri, rame, dan menjadi minggu kesenian yang bisa dirasakan oleh semua orang,” pungkas Aliyah ketika diwawancarai tentang harapannya pada Artweek 2024 ini. (Ayesa, Revalita)



SHARE THIS

0 Comments: