Kamis, 09 Mei 2024

Semarak Budaya Indonesia 2024 Siap Digelar Besok di Balaikota Surakarta



(Sumber gambar :  instagram.com/semarakbudayaindonesia)

Lpmvisi.com, Solo – Agenda tahunan Kota Solo, Semarak Budaya Indonesia (SBI), siap digelar untuk yang kesebelas kalinya di Balaikota Surakarta. Acara ini akan diselenggarakan selama dua hari berturut-turut pada Jumat-Sabtu (10-11/5/2024).

Berdasarkan informasi yang disampaikan kepala pelaksana Semarak Budaya Indonesia pada konferensi pers hari Kamis (9/5), acara tahun ini akan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Mulai kali ini, seni yang ditampilkan tidak hanya seni olah tubuh atau seni tari saja, tetapi juga ada seni kriya, seni musik, dan juga pameran kain Nusantara.

Acara ini akan terdiri atas 4 rangkaian kegiatan. Agenda pertama ialah Lokakarya Aneka Kriya, yaitu kegiatan melukis cangkir, melukis tote bag, beading gelang, dan macrame keychain. Yang kedua ada Galeri Wastra Dwipantera, yaitu pameran kain-kain tradisional dari berbagai daerah di Nusantara. Yang ketiga, ada Pasar Karya Nusantara di mana lebih dari 30 tenant akan menjajakan banyak hal mulai dari food and beverage hingga kerajinan kriya. Agenda terakhir yaitu panggung utama Malam Pagelaran Seni Semarak Budaya Indonesia yang akan dimulai dari pukul 18.00-22.00 WIB. Seluruh rangkaian kegiatan tersebut akan digelar di pendapa Balaikota Surakarta. 

Tahun ini, Semarak Budaya Indonesia akan dimeriahkan oleh berbagai penampilan  dari kurang lebih 20 sanggar komunitas tari dari berbagai daerah di Indonesia, seperti Jakarta, Riau, Kalimantan tengah, Yogyakarta, Solo dan sekitarnya. Salah satu di antaranya yaitu Sanggar Kirana Budaya dari Jakarta yang akan menampilkan tari tradisional yang dimeriahkan oleh 12 penari. Selain itu, ada juga penampilan pencak silat dari Bamus Betawi pada hari kedua.

Acara ini diharapkan dapat melestarikan budaya bangsa dan membentuk karakter pemuda-pemudi Indonesia, khususnya di Surakarta. (Syeikha)



SHARE THIS

0 Comments: