Minggu, 05 Mei 2024

Kreativitas Mahasiswa FIB dan FSRD UNS dalam Acara Comipara Jogja

(Tampak depan acara Comipara pada Minggu (2/5) / Dok. Mohan)

Lpmvisi.com, Solo Acara Creating Paradise for All Comic Enthusiast (Comipara) telah digelar pada 4-5 Mei di Jogja Expo Center, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Acara ini menghadirkan berbagai penjual merchandise dari berbagai klub penggemar anime dan manga.


Keberadaan acara ini tentu saja menghadirkan antusiasme dari berbagai kalangan. Tidak hanya warga Jogja saja, mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) juga ada yang ikut memeriahkan acara ini, termasuk Shafa Puja (21) dan Filo (21). Mereka merupakan anggota komunitas Ichirou Orenji, yakni sebuah komunitas Japanese Study Club di UNS. 


(Kreasi Stiker meme “Jelek” trio SDC / Dok. Mohan)

        Shafa (21), mahasiswa Sastra Inggris Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret (FIB UNS), memutuskan berjualan produk merch-nya berupa Joka Holo Bagde (5.8 cm) dengan harga Rp15.000,00 per buah dan Trio Stiker meme “Jelek” trio SDC (7x7) dengan harga  Rp3.500,00/buah, yang apabila membeli 3 buah menjadi Rp10.000,00.


Tidak dapat dipungkiri, sebagai seorang pengusaha tentu saja ia harus berjuang mulai dari awal merintis bisnisnya sampai dengan selesai berjualan. Shafa menerangkan bahwa pertama, ia harus memikirkan ide produk yang ingin dijual, lalu membuat desainnya sendiri. Kemudian, ia harus mencari tempat percetakan yang terpercaya. Tidak selesai di situ, ia juga harus memotong sendiri potongan stikernya agar rapi. Demi menghemat biaya akomodasi, Shafa juga harus melakukan perjalanan Solo-Jogja dan stand by di booth dari pagi hingga malam. Ia harus teliti agar tidak ada produk yang tertinggal. 


Mahasiswa FIB tersebut menjelaskan motivasinya untuk menjual merch ialah dikarenakan fandom (klub penggemar) tersebut sudah lama sekali ada, tetapi tidak banyak orang yang menjual merchandise-nya. Bahkan, dalam acara Comipara sendiri, hanya ada tiga booth yang menjual merch tersebut. 


Shafa mengatakan bahwa selain untuk mendapatkan penghasilan tambahan, keberadaannya di acara ini juga karena ingin mencari teman sesama fandom dan bertemu kembali dengan teman yang ia kenal melalui forum online.

(Kreasi Gantungan Kunci oleh Kak Filo / Dok. Mohan)

Selain Shafa, terdapat juga Filo (21), mahasiswa Fakultas Seni Rupa dan Desain Universitas Sebelas Maret (FSRD UNS) yang ikut menjual karyanya. Ia berjualan karena memiliki minat dan hobi dalam membuat gambar-gambar kecil. Produk-produk yang ia jual berupa gantungan kunci akrilik dengan Karakter Toji dan Nanami dengan harga Rp30.000,00 serta karakter Furina, Gojo, Geto, dan Nobara dengan harga Rp35.000,00.


Dengan diselenggarakannya acara ini,  diharapkan dapat menjadi wadah bagi mahasiswa untuk mengembangkan kreativitasnya, termasuk mahasiswa Universitas Sebelas Maret, terutama bagi mereka yang memiliki minat dan hobi di bidang wirausaha. (Mohan)



SHARE THIS

0 Comments: