Minggu, 12 Mei 2024

Semarak Budaya Indonesia Adakan Gladi Resik, Ruang Transit Dinilai Kurang Tertutup?




(Persiapan Penampilan Tari Perdikan Pati dalam rangka Memeriahkan Semarak Budaya Indonesia pada Minggu (12/5) Dok. Adila)


Lpmvisi.com — Balai Kota Surakarta adakan persiapan pagelaran Semarak Budaya Indonesia (SBI) 2024. Persiapan hari kedua berlangsung pada hari Sabtu (11/5) di panggung lapangan balaikota. Kegiatan tersebut berupa gladi resik oleh para peserta yang akan tampil saat acara berlangsung malam harinya. Gladi resik berlangsung dari pukul 13.00 hingga 17.30 WIB. 


Faza (19) salah satu peserta dari sanggar Pandu, Pati, menyatakan pihak Semarak Budaya Indonesia memberikan fasilitas kepada peserta mulai dari transportasi, akomodasi, hingga konsumsi. Namun, ia menyayangkan adanya fasilitas yang kurang memadai, seperti ruang transit yang kurang tertutup sehingga para peserta kesulitan untuk berganti baju dan juga ruangan yang cukup kotor. Selain itu, dengan membawakan tarian Perdikan Pati khas daerah Pati, Faza berharap penampilan sanggar mereka dapat lancar dan menghibur penonton. 


Pagelaran Semarak Budaya Indonesia berlangsung selama dua hari pada Jumat-Sabtu (10-11/5/2024). Pada hari kedua ini, Faza berharap dengan tampilnya sanggar mereka dapat membantu menggerakkan kebudayaan Indonesia dalam wujud tari tradisional. Faza juga berharap agar tari tradisional tetap eksis dan penonton dapat termotivasi untuk melestarikan seni tari tersebut.


Ika (38), salah satu pengunjung yang hadir dalam gladi resik Semarak Budaya Indonesia, sangat mengapresiasi dengan diselenggarakannya festival kesenian dan mengungkapkan harapannya untuk kegiatan seperti ini dapat diadakan setiap tahunnya agar kesenian dari tiap daerah di Indonesia tetap lestari. (Adila, Ara, Ayesa, Dhaniska)




SHARE THIS

0 Comments: