Rabu, 20 Maret 2024

Semarak Ramadhan Melalui Serasi X Samran

(Kegiatan Kajian Sebelum Berbuka Puasa Bersama oleh Ust. Yusuf Haikal di Musala Fakultas Hukum UNS pada Sabtu (19/3) / Dok. LKI FISIP)

  Lpmvisi.com, Solo – LKI (Lembaga Kegiatan Islam) dan Fosmi (Forum Silaturrahim Mahasiswa Islam) berkolaborasi mengadakan rangkaian kegiatan dalam menyambut bulan Ramadan. Kegiatan ini dilakukan di Musala Fakultas Hukum UNS pada hari Selasa (19/3) mulai pukul 16.00 hingga 20.30 WIB. Rangkaian kegiatan Serasi X Samran ini mengundang pembicara kajian Ust. Yusuf Haikal yang kemudian dilanjut dengan buka bersama dan Salat Tarawih berjamaah. 

Ramadan merupakan bulan yang istimewa bagi umat muslim di dunia. Pada bulan Ramadan, banyak sekali kegiatan-kegiatan yang turut meramaikan berjalannya bulan ini, salah satunya adalah kegiatan Serasi dan Samran yang diselenggarakan oleh Fosmi FH UNS yang berkolaborasi dengan LKI FISIP UNS.

          Serasi (Semarak Ramadan Bersama Fosmi) sendiri merupakan program kerja bidang syiar Fosmi FH UNS, sedangkan Samran (Sambut Ramadan) merupakan program kerja bidang sosial masyarakat LKI FISIP UNS. Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari Selasa pada minggu ke-2, 3, dan 4 di bulan Ramadan. Target kegiatan ini bukan hanya untuk mahasiswa FISIP dan FH UNS saja, tetapi juga terbuka untuk masyarakat umum di luar UNS. 

          Program yang telah dipersiapkan selama kurang lebih satu minggu ini berawal dari diskusi antara ketua Fosmi dan LKI yang memiliki visi atau tujuan yang sama, yaitu ingin meramaikan masjid. Bulan Ramadan ini menjadi momentum yang tepat untuk melaksanakan program tersebut, sehingga Fosmi dan LKI sepakat untuk mengangkat tema "Ramadan sebagai Momentum Ekskalasi Kebaikan". Nisrina Naila Husna (18), Panitia Fosmi FH, menjelaskan alasan mengapa memilih tema tersebut. “Melihat kondisi Musala FH dan FISIP yang sepi pengunjung, maka kami memutuskan berkolaborasi antara LKI dan Fosmi. Tujuannya untuk ikut menyemarakkan bulan Ramadan di kedua Musala ini. Memang udah seharusnya kita meramaikan Musala dengan kegiatan-kegiatan yang mendukung Ramadan.”

          Pada minggu kedua di bulan Ramadan, Fosmi dan LKI mengundang Ust. Yusuf Haikal sebagai pengisi kajian. Alasan memilih Ust. Yusuf Haikal sebagai pembicara karena menilik dari acara yang telah diadakan tahun lalu yang juga mengundang beliau. Mereka menilai cara penyampaian dakwah oleh Ust. Yusuf Haikal tidak membosankan. Di samping itu, beliau juga telah berpengalaman dalam berdakwah. Acara ini berjalan lancar dengan dihadiri oleh  kurang lebih 40 orang mahasiswa yang berasal dari Fisip, FH, dan beberapa pengunjung dari luar UNS.

Rahma (23), mengaku bahwa ia tertarik menghadiri kajian tersebut untuk mengisi waktu luang di bulan Ramadan sekaligus sebagai siraman rohani untuk meningkatkan keimanan. Rahma juga menambahkan, “isi kajiannya bagus, yang paling nyampe di aku itu bagaimana kita menjadikan Ramadan sebagai sekolah untuk menjadi pribadi yang lebih baik, belajar memanajemen waktu, dan waktu sesi QnA juga menambah wawasan karena ternyata banyak ilmu fiqih yang kita belum tahu." Pengunjung lainnya, Hana (22), sedikit menyayangkan acara tersebut masih sepi pengunjung. "Acaranya bagus, tapi pengunjungnya masih sepi. Sayang sekali acara sebagus ini kalau sepi pengunjung. Mungkin bisa lebih dimasifkan lagi, seperti dengan mengadakan kajian rutin tematik,” pungkasnya.

          Acara yang diakhiri dengan Salat Tarawih berjamaah ini memberi hikmah yang bisa kita petik dari bulan Ramadan seperti pengingat untuk selalu bersyukur, memperbanyak kebaikan, disiplin dan konsisten, serta mengendalikan hawa nafsu sebagaimana yang telah disampaikan oleh Ust. Yusuf Haikal dalam kajiannya. Kita diajarkan untuk selalu bersyukur atas segala nikmat yang diberikan Tuhan dan menjadikan Ramadan ini sebagai ajang untuk berlomba-lomba dalam kebaikan. (Adila & Diva)


SHARE THIS

0 Comments: