Sabtu, 16 Maret 2024

Bangkitkan Proker yang Sudah Mati, Gagasan Utama Ketua DEMA FISIP UNS 2024

 

(Sidang Umum Demisioner DEMA FISIP UNS 2023 di Ruang Seminar FISIP pada Sabtu (16/3)/ Dok. Ayesa)

Lpmvisi.com, Solo – Layaknya sebuah tradisi, sudah menjadi kebiasaan umum bahwa dalam setiap kelompok atau organisasi memiliki kewajiban untuk melakukan re-organisasi terhadap staf kepengurusan. Pada saat re-organisasi, jajaran staf dari kepengurusan yang lama akan digantikan dengan staf kepengurusan yang baru. Hal tersebut pula yang terjadi di DEMA FISIP UNS (Dewan Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret) pada Sabtu (16/3) pukul 13:00 WIB sampai dengan pukul 16:00 WIB.

          Acara Sidang Umum Demisioner DEMA ini pada dasarnya juga mencakup acara pelantikan anggota Legislatif DEMA FISIP UNS 2024, yang mana akan dipimpin oleh Fikri Muzakki (20) dari program studi Sosiologi angkatan 2022. Fikri terpilih menjadi ketua DEMA FISIP setelah melalui proses pemilihan umum yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) FISIP UNS pada bulan Februari lalu. Tidak tanggung-tanggung, terdapat tujuh kandidat calon Ketua DEMA yang mencalonkan diri pada saat itu. Tentu jumlah tersebut bukanlah jumlah yang sedikit dalam hal pemilihan ketua.

          Fikri sendiri mengatakan, bahwa Ia tidak memiliki strategi tertentu untuk menang pada pencalonan ini. Ia mengatakan bahwa suara yang didapatkan berasal dari relasi dan modal sosial yang Ia lakukan pada kegiatan sehari-hari, seperti bermain dan mengobrol dengan orang lain, yang kemudian membuat Fikri lebih dikenal oleh banyak orang. Mahasiswa Sosiologi ini juga mengungkapkan perasaannya setelah terpilih menjadi Ketua DEMA yang baru. “Sebenarnya ada 2 sisi, yang pertama ya senang tapi yang kedua juga merasakan beban karena mendapatkan amanah dari banyak orang," ungkapnya.

(Sesi Pemberian Kata Sambutan oleh Fikri Muzakki selaku Ketua DEMA FISIP UNS 2024 di Ruang Seminar FISIP pada Sabtu (16/3)/ Dok. Windy)

        Pria yang memiliki hobi nongkrong ini mengatakan bahwa ada satu gagasan utama yang ingin ia fokuskan di kepengurusan DEMA tahun ini, yaitu pengadaan kembali program kerja Sekolah Legislatif. Sekolah Legislatif sendiri merupakan program kerja dari DEMA sebagai wadah bagi mahasiswa FISIP UNS untuk belajar tentang politik. Sayangnya, program kerja Sekolah Legislatif ini sudah lama tidak diselenggarakan. Berangkat dari permasalahan tersebut, Fikri ingin mengadakan kembali program kerja Sekolah Legislatif, sehingga tercipta suasana FISIP yang lebih baik lagi.

Terakhir, Fikri juga mengungkapkan harapannya terhadap staf DEMA di kepengurusan yang baru, yakni diharapkan agar seluruh staf memiliki kerja sama yang lebih baik lagi. “Kalau untuk staf DEMA mungkin aku pengennya kita bekerja bareng, kita berproses bareng, kita kan pasti punya tujuan yang sama kan membentuk iklim FISIP yang lebih baik lagi," terangnya. Selain itu, ia juga berharap agar seluruh mahasiswa FISIP UNS dapat lebih berpartisipasi dalam acara-acara yang diselenggarakan baik dari DEMA, BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa), HIMA (Himpunan Mahasiswa), maupun UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) lainnya. (Windy)

         


SHARE THIS

0 Comments: