Jumat, 27 Oktober 2023

Momentum Fans Gathering yang Suguhkan Antusiasme hingga Interaksi Antar Penggemar

(Event Festivibes yang menjadi salah satu tempat berjumpa penggemar/Dok. Nabila)

 Lpmvisi.com, Solo – Budaya idolizing atau mengidolakan public figure adalah fenomena yang umum terjadi sudah dari generasi ke generasi. Dalam beberapa dekade terakhir, Generasi Z telah mempengaruhi tren dalam musik, mode, teknologi, dan bahkan kebijakan sosial. Mereka memiliki dampak terhadap budaya pop, salah satunya menciptakan kultur Internet, mendorong inklusi, dan aktif dalam aktivisme. Generasi Z juga dinilai menjadi pendorong utama dalam membuat lagu atau public figure dikenal.


K-pop menjadi salah satunya yang ramai diperbincangkan di Indonesia, fenomena globalisasi telah memungkinkan berbagai kebudayaan, termasuk K-pop dari Korea Selatan, untuk masuk dan berkembang di negara ini. Budaya Korea memiliki pengaruh kuat terhadap berbagai aspek kehidupan sehari-hari di Indonesia, mulai dari selera musik, tampilan atau fashion, makanan, dan lain sebagainya. K-Pop sendiri identik dengan adanya idol group atau artis yang berada di bawah naungan suatu manajemen atau agensi. 


Event Festivibes: All Gen menjadi salah satu tempat bertemu fans, event adalah acara yang diselenggarakan oleh KVIBES atau salah satu komunitas fans K-pop di Indonesia. Acara ini sukses digelar untuk pertama kalinya di Solo dan merupakan bagian dari roadshow KVIBES di tahun 2023. Acara ini dimeriahkan oleh berbagai komunitas K-pop secara online dan offline. Beberapa kegiatan yang ada dalam acara ini antara lain dance competition, busking, random play dance, hingga performance dari Reza Darmawangsa dan DJ Nolja Gang dan juga noraebang atau karaoke. Selain itu, Walikota Solo Gibran Rakabuming dan Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Mangkunegara X juga sempat hadir dan memeriahkan acara tersebut.


(Kegiatan yang antusiasmenya paling tinggi, Noraebang atau karaoke/Dok. Nabila)

Momen ketemuan antar fandom sering terjadi dalam berbagai acara dan kegiatan. Misalnya, dalam konser musik, festival, atau acara komunitas. Salah satunya adalah acara ini. Komunikasi kelompok sangat penting dalam menjalin hubungan antar sesama fandom. Melalui komunikasi ini, anggota fandom dapat berinteraksi dan mencapai tujuan bersama, seperti mempererat hubungan atau menyalurkan ketertarikan mereka terhadap idola. Meskipun tidak jarang ada perselisihan di dalamnya seperti, perang antar fandom di media sosial bisa menjadi kebiasaan buruk bagi fans K-pop. Oleh karena itu, penting bagi setiap anggota fandom untuk selalu menjaga sikap positif dan saling menghargai antar sesama penggemar.


Selain acara seperti Festivibes, tentunya ada banyak momen lain yang dapat fans gunakan sebagai wadah berinteraksi dan saling kenal ataupun bertemu dengan rekan dunia maya. Konser yang pastinya tidak lepas dibicarakan, terutama jika sang idola adalah penyanyi, namun tidak semua orang memiliki kemampuan menonton konser karena keterbatasan biaya atau satu dan lain hal. Fan gathering kemudian menjadi wadah lain untuk para fans, lumrah bagi penggemar untuk merayakan ulang tahun, debut anniversary, hingga comeback idolanya bersama-sama dengan mengobrol atau bernyanyi dan hal-hal yang lain. Acara-acara tersebut yang menyediakan mereka tempat untuk mengekspresikan diri di antara orang-orang yang kemungkinan besar akan memahaminya. 

(Nabila)


SHARE THIS

0 Comments: