Selasa, 05 September 2023

Tingkatkan Pencerdasan Pemasaran bagi UMKM dan BUM Desa Anggrasmanis, Kelompok KKN 21 UNS Adakan Seminar Penyadaran Digital Marketing

(Foto Bersama Kelompok KKN UNS 21 dan Peserta Seminar Penyadaran Digital Marketing: Digital Marketing dalam Pembangunan UMKM dan BUM Desa/Dok. Anggota Kelompok KKN UNS 21)

Kelompok KKN UNS 21 menyelenggarakan seminar yang berjudul “Seminar Penyadaran Digital Marketing: Digital Marketing dalam Pembangunan UMKM dan BUM Desa”. Acara ini diadakan di Balai Desa Aggrasmanis pada Jumat (18/8/23).  Program kerja ini merupakan satu dari sepuluh program kerja yang diusung, dan ditujukan untuk seluruh masyarakat Desa Anggrasmanis terutama yang memiliki usaha. 

Kelompok 21 KKN UNS yang berisikan mahasiswa Fakultas Hukum, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Fakultas Ilmu Budaya, dan Fakultas Teknik menyelenggarakan Kuliah Kerja Nyata di Desa Anggrasmanis, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar selama 45 hari. Program KKN ini dimulai sejak 14 Juli sampai dengan 22 Agustus 2023.

Masyarakat Desa Anggrasmanis sebagian besar memiliki usaha, diantaranya menjual gethuk, kopi arabica asli Anggrasmanis, jeruk lemon, tembakau, dan masih banyak lainnya. Ini menandakan, terdapat berbagai macam usaha di Desa Anggrasmanis. 

Warsito, selaku Sekretaris Desa mengatakan, “Dalam mengelola sebuah usaha, warga Anggrasmanis cenderung begitu-begitu saja dalam memasarkan produknya, jadi sangat diperlukan peningkatan kecerdasan dari masyarakatnya terkait pemasaran.”

Di dalam program kerja Seminar Digital Marketing ini, warga diberikan pemahaman terkait bagaimana memasarkan produk agar lebih menarik perhatian. Selain itu, berdasarkan observasi Kelompok KKN 21 UNS kepada beberapa perangkat Desa Anggrasmanis, Kelompok KKN 21 UNS menghadirkan pembicara ulung yang mempunyai segudang pencapaian dan pengalaman dalam pemasaran. Pembicara yang dihadirkan yaitu Vindita Anggraeni, S.M., alumni dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sebelas Maret.

Program Seminar Digital Marketing tersebut, mendapat respon positif dari peserta yang hadir. Salah satu peserta yang menyampaikan kesan dan pesan terkait acara tersebut, 

Kepala Urusan Perencanaan Desa Anggrasmanis, Yohanes mengatakan, “Setelah kegiatan ini, saya bisa lebih paham tentang pengembangan UMKM seperti apa, prosesnya seperti apa, jalurnya seperti apa, sekarang sudah ada gambaran, yang dijelaskan oleh narasumber sangat detail sekali, nanti tahap demi tahap akan dicoba agar UMKM lebih maju lagi”, ucapnya.


(Penyerahan Sertifikat dari Ketua Kelompok KKN UNS 21 kepada pembicara/Dok. Anggota Kelompok KKN UNS 21)

Banyak sekali respon positif lainya, seperti yang disampaikan oleh Marsi (63), “Acaranya bagus, kita semua orang-oarang khususnya orang-orang kampung mendapat ilmu untuk kedepannya, soalnya kalau di Desa kondisinya seperti ini untuk media sosial itu kita semua kurang, apalagi kayak saya orang tua ketinggalan tapi dengan adanya itu inginlah kita bisa tau setiap usaha yang ada disini bisa maju lewat social media. Saya semua ucapkan terima kasih atas sosialisasi tentang itu, semua kita dapatkan dan bisa dipelajari bersama, nanti kedepannya agar Anggrasmanis bisa maju tidak ketinggalan dengan yang lain”. 

Adanya respon positif dari para peserta merupakan modal awal dalam membangun kecerdasan dalam pemasaran di Desa Anggrasmanis. Tim KKN 21 UNS berharap seminar yang sudah diadakan dapat meningkatkan semangat bagi masyarakat untuk selalu meningkatkan kualitas pemasaran bisnis dari UMKM dan BUM Desa Anggrasmanis serta memberikan manfaat.




SHARE THIS

0 Comments: