Selasa, 05 September 2023

Tetap Bertahan Melestarikan, Meski Digempur Tawaran yang Menggiurkan

 


(Masyarakat yang mengambil air di sumber mata air/ Dok. Herditya Sinta)



“Alam selalu memenuhi kebutuhan hidup manusia. Sebaliknya, demi keuntungan pribadi, manusia acuh terhadap kelestarian alam bahkan rela merusaknya ”

Keberlangsungan hidup manusia juga dipengaruhi oleh keadaan alam sekitar. Tidak bisa dipungkiri manusia memanfaatkan sumber daya alam untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Manusia mengambil, mengolah, serta menjual berbagai hasil bumi. Tak sedikit oknum yang terus menerus mengeksploitasi sumber daya alam dalam jangka panjang. Manusia menggunakan alam untuk mensejahterakan diri sendiri. Padahal, alam membutuhkan manusia untuk menjaga keseimbangan. Bahkan mereka seolah acuh terhadap keberlanjutan alam sekitar.

Kendati demikian, di tengah gempuran eksploitasi tak berujung, segelintir orang masih peka untuk menjaga kelestarian alam sekitar. Masyarakat Dusun Grenjeng contohnya. Di dusun ini terdapat sumber mata air alami yang diberi nama Sumur Emas. Sumber mata air Sumur Emas tidak pernah surut meski diambil dalam jumlah yang sangat besar. Selain itu, air yang dikeluarkan dari mata air ini memiliki kandungan mineral yang berlimpah dan dipercaya memiliki banyak manfaat. Sumber daya air ini merupakan berkah tersendiri bagi masyarakat setempat.

Masyarakat Grenjeng melestarikan mata air Sumur Emas dengan mengelola sumber daya air ini sendiri. Masyarakat Grenjeng memilih untuk menjaga dan mempertahankan sumber mata air Sumur Emas, meskipun kerap ditawar oleh perusahaan air minum dengan harga tinggi. Mereka beranggapan jika Sumur Emas dibeli oleh perusahaan maka akan terjadi eksploitasi besar-besaran. Serta masyarakat Grenjeng tidak dapat lagi mengambil manfaat sumber mata air Sumur Emas ini. Selain itu, upaya lain yang dilakukan masyarakat Grenjeng untuk menjaga kualitas air dengan melarang pendirian rumah atau bangunan sejenis di daerah Sumur Emas. Mereka berkomitmen untuk terus menjaga dan melestarikan Sumur Emas. Masyarakat Grenjeng berharap bahwa Sumur Emas ini dapat menjadi sumber kesejahteraan warganya seperti air di Sumur Emas, tidak pernah habis. (Sinta)

 

 



SHARE THIS

0 Comments: