Minggu, 12 Maret 2023

Tunjukkan Daya Tarik Pariwisata, Kota Solo Gelar Festival Kuliner

 

(Panggung Solo Indonesian Culinary Festival 2023/Dok. Riska dan Afifah)



Lpmvisi.com, Solo – Kota Solo sebagai salah satu kota cerdas pangan baru-baru ini menghadirkan acara tahunan dalam memperkenalkan kuliner nusantara. Keberagaman dan kelezatan kuliner Indonesia merupakan gambaran cita rasa budaya bangsa. Cita rasa kuliner nusantara menjadi bukti warisan yang perlu dilestarikan dan dioptimalkan menjadi latar belakang hadirnya acara pameran tersebut. Acara ini dilaksanakan selama empat hari pada 9-12 Maret 2023 di Benteng Vastenburg Solo. Tahun ini, event tersebut mengusung tema “Ragam Cita Rasa Nusantara Bukti Kebhinekaan Bangsa” dengan sub-tema “Cita Rasa Sate – Kuliner Nusantara”.

Festival yang telah menjajaki tahun ke-8 ini tak hanya menampilkan pameran kuliner. Namun tahun ini turut dimeriahkan oleh workshop, pembagian 10.000 sate gratis untuk pengunjung, dan panggung hiburan sebagai bagian dari acara. Tak hanya itu, pengunjung juga dapat menyaksikan demo pembuatan makanan khas Kota Solo oleh para koki. Selain menghadirkan kuliner Kota Solo, pada festival kali ini turut mengundang tenant yang berasal dari luar Kota Solo seperti Kota Belitung, Kota Jepara, dan sebagainya.


(Masyarakat yang berkunjung ke stand UMKM/Dok. Riska dan Afifah)



Dr. Zakina, S.Sos. M.Si. sebagai ketua rombongan tim kuliner Pemkab (Pemerintah Kabupaten) Belitung mengharapkan dari kehadiran stan Kota Belitung dapat memperkenalkan dan menarik wisatawan terhadap pariwisata dan kuliner di Kota Belitung. UMKM Kota Belitung juga bukan hanya memperkenalkan kuliner khasnya dalam pameran ini. Batik khas Belitung, rempah-rempah, dan aksesoris beraneka ragam turut dipamerkan di festival tahun ini.

Vanstie Ocxy (23), salah satu pengunjungan SICF ini mengatakan bahwa event ini sudah sesuai dengan ekspektasinya. “Acaranya ramai, stand dan pilihan makanannya juga banyak, tapi yang saya masih bingung kenapa masih ada tempat kosong”. Selain itu menurut Vanstie event ini lebih mengarah ke sektor UMKM. “Kalau ekspektasi aku lebih mengarah ke UMKM, mungkin kalau hanya kuliner yang khas Solo atau Indonesia bakal sedikit, jadi dari pada sedikit mending yang dari sektor UMKM, dan dari namanya juga menurutku nggak meng-highlight makanan Solo,” ungkapnya.


(SBY yang turut menghadiri event ini/Dok. Riska dan Afifah)



Pada kesempatan event ini juga dihadiri oleh presiden ke-6 Republik Indonesia yaitu Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) beserta anaknya Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sekaligus istri dari AHY yaitu Annisa Pohan.

Dengan diselenggarakannya eventSolo Indonesian Culinary Festival 2023” ini diharapkan dapat meningkatkan ketertarikan masyarakat terhadap makanan khas daerah. “Harapan kami setelah diselenggarakannya event ini tentunya agar memajukan perekonomian masyarakat di tengah pemulihan pasca pandemi COVID-19. Meningkatkan daya tarik masyarakat terhadap makanan khas daerah yang saat ini sudah mulai kurang peminatnya,” ujar Nirmala Asnaliza sebagai salah satu panitia dari acara ini. (Riska dan Afifah)

 

 


SHARE THIS

0 Comments: