Kamis, 03 November 2022

Institut Seni Indonesia Surakarta Adakan Kuliah Umum Fotografi

 


(Akhmad Ramdhon saat memaparkan materi “Visualisasi Kampung Kota”/

Dok. Adisti)



        Lpmvisi.com, Solo – Fakultas Seni Indonesia (ISI) menyelenggarakan kuliah umum dengan tema "Fotografi dan Kerja Komunitas" yang diselenggarakan pada kamis (3/11/2022).     Acara ini dihadiri oleh Akhmad Ramdhon, yang merupakan dosen Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) yang sekaligus menjadi pembicara dalam sesi kuliah umum tersebut. Selain itu acara ini juga turut dihadiri oleh salah seorang perwakilan dari komunitas "kampung Halaman", Rachma Safitri Yogasari.      Dalam pemaparannya, Ramdhon menjelaskan tentang kampung sebagai suatu imaji kota. Ia juga membandingkan karakteristik antara kota dan kampung dengan menampilkan hasil gambar dari Google. Ramdhon juga menambahkan terkait masalah yang muncul dari adanya perubahan-perubahan tersebut dan bagaimana fotografi turut berperan dalam memecahkan masalah yang ada.

        "Ada problem di sekitar kita. Kemudian di situlah fotografi jadi cara kita untuk melihat suatu masalah," lanjutnya.

        "Perubahan menampilkan kota yang maju, tapi (ada juga) problem kampung yang stagnan, yang ditinggalkan," pungkas Ramdhon.

        Tak hanya Ramdhon, kuliah umum tersebut juga menghadirkan Rachma Safitri Yogasari dari komunitas “Kampung Halaman”. Ia menjelaskan tentang bagaimana fotografi sebagai media yang populer dan dekat dengan remaja.

        "Bagi kami (komunitas Kampung Halaman -red), yang dekat dengan remaja, handphone dan foto itu jadi penghubung untuk ngobrol," ungkapnya.

       Lebih lanjut, Rachma menerangkan tentang peran fotografi dalam melihat berbagai masalah.

        "Foto jadi bukti untuk suatu hal yang harus diperhatikan dan penting untuk jadi bahan diskusi," ujarnya. "Foto melatih kita untuk melihat, membaca dari berbagai sudut pandang, dan lagi, melatih kita untuk berpikir kritis," Tutup Rachma. (Adisti)



SHARE THIS

0 Comments: