Kamis, 11 Agustus 2022

Sering Merasa Stres? Yuk, Kenali Stres Baik dan Stres Buruk

Dok. Internet

 

Di zaman sekarang semua hal terjadi begitu cepat. Perubahan yang cepat memaksa seseorang untuk dapat menyesuaikan diri dengan cepat pula. Selain itu, terlihat semakin hari semakin banyak tuntutan yang diterima setiap orang dan semakin tinggi standar yang ditetapkan oleh masyarakat. Hal-hal demikianlah yang sering menyebabkan orang-orang mengalami stres. Stres menjadi sesuatu yang tidak dapat dihindari. Bahkan, sepertinya tidak ada orang yang tidak pernah mengalami stres.

Nah, sebelum membahas mengenai stres lebih lanjut, perlu diketahui apa sebenarnya definisi dari stres. Stres adalah gangguan mental dan emosional yang disebabkan oleh berbagai faktor, seperti perubahan lingkungan, ancaman dari luar, tekanan, dan lain sebagainya. Stres memang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, tetapi bukan berarti stres selalu menjadi hal yang buruk. 

Stres baik (good stress), hal itu pasti terdengar asing bagi sebagian besar orang. Apa sih sebenarnya yang dimaksud dengan stres baik? Stres dapat dikatakan sebagai stres baik atau buruk dilihat dari penyebab dan dampak stres itu sendiri. Stres karena akan masuk universitas, stres karena memainkan permainan yang memacu adrenalin, dan stres karena akan memulai pekerjaan baru adalah penyebab stres baik. Stres baik cenderung akan meningkatkan kualitas hidup karena stres ini menggugah semangat dan memberikan motivasi.

Lalu bagaimana dengan stres buruk (bad stress)? Stres yang buruk adalah stres yang disebabkan oleh hal-hal negatif, beberapa contohnya seperti terjadinya pandemi Covid-19, ditinggalkan oleh seseorang, mengalami bencana alam, serta mengalami suatu penyakit. Stres ini membuat kehidupan menjadi terpuruk karena memberikan tekanan pada seseorang.

Penting bagi setiap orang untuk mengetahui stres apa yang sedang mereka alami. Dengan memahami perbedaan stres baik dan stres buruk akan membantu kita memahami kondisi diri sendiri. Perlu juga untuk diingat bahwa kita tidak boleh stres terlalu lama, stres baik sekalipun dapat mengganggu aktivitas jika dialami terus menerus dan stres baik dapat berubah menjadi stres buruk juga lho.

Kita semua perlu untuk mempelajari cara untuk mengatasi stres dengan baik agar stres itu tidak memunculkan reaksi yang negatif karena setiap orang akan memberikan reaksi yang berbeda-beda saat menghadapi stres. Lakukanlah kegiatan-kegiatan yang membangun, seperti melakukan hobi, berolahraga, istirahat yang cukup, dan jangan lupa untuk hadapi segala sesuatunya dengan pikiran yang jernih serta tetap tenang. (Daraninggar)


SHARE THIS

0 Comments: