Selasa, 09 Agustus 2022

BEM FISIP UNS Kembali Adakan Diskusi dalam “Fisip Bergerak #2”

 

(Pemaparan materi di ruang Zoom/Dok. Adisti)

Lpmvisi.com, Solo — Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Sosial Politik (FISIP) UNS  menggelar diskusi dengan tema 'Dinamika Demokrasi dan Kebebasan Berpendapat' dalam “Fisip Bergerak #2” yang digelar pada Selasa (9/8/22) melalui platform Zoom Meetings.

Dalam diskusi kali ini, BEM FISIP menghadirkan M. Aminullah sebagai pembicara. Yang mana merupakan alumnus FISIP UNS yang juga aktif dalam Gerakan Serikat Buruh Indonesia (GSBI).


Aminullah memaparkan materi tentang pentingnya kebebasan berpendapat. Menurutnya, alasan seseorang berpendapat adalah karena mereka memiliki masalah yang ingin disampaikan. Masalah tersebut bisa berupa adanya hal-hal yang tidak sesuai dengan kondisi atau pikiran kita. Lagi pula, berpendapat merupakan hak setiap warga negara dan menunjukkan bahwa manusia merupakan makhluk yang ekspresif.


Meskipun di Indonesia terdapat payung hukum untuk menyampaikan pendapat, namun tak dipungkiri terdapat beberapa hal yang menghalangi warga negara untuk berpendapat. Aminullah menyebut ada empat faktor penghalang kebebasan berpendapat, yaitu demonstrasi yang berakhir ricuh, UU ITE, ancaman dari atasan, serta serangan buzzer/netizen.


Tak hanya diskusi, dalam “Fisip Bergerak #2” kali ini juga terdapat sesi evaluasi terkait pergerakan di FISIP UNS. (Disti)



SHARE THIS

0 Comments: