Sabtu, 30 Juli 2022

Opening Ceremony ASEAN Para Games 2022 Usung Kebudayaan Jawa

(Antusiasme Masyarakat pada Upacara Pembukaan ASEAN Para Games 2022 di Surakarta, Jawa Tengah/Dok. Cisya)

Lpmvisi.com, Solo — Pembukaan ASEAN Para Games 2022 dilaksanakan di Stadion Manahan, Surakarta, Jawa Tengah, Sabtu (30/7/2022). Opening ceremony dihadiri sejumlah pejabat dan artis Indonesia.

Indonesia menjadi tuan rumah ASEAN Para Games ke-11 di Surakarta pada 30 Juli 2022 hingga 6 Agustus 2022. Upacara dihadiri oleh ribuan delegasi dari sebelas negara tetangga. Grup musik asli Solo, Pecas Ndahe tampil pada pre-show acara sebelum dilanjutkan pada acara inti. Acara inti dimulai pukul 19.00 WIB dan dibuka dengan penampilan Endah Laras, Arda Krisna, dan komika Dodit Mulyanto yang membawakan Lagu Bengawan Solo, kemudian disusul oleh Lagu Indonesia Raya. 

Selepas Indonesia Raya berkumandang, acara dilanjutkan dengan welcome ceremony kepada sebelas kontingen negara ASEAN yang dimulai dari Brunei Darussalam dan diakhiri oleh Indonesia. Kesebelas kontingen ini nantinya akan bertanding hingga 6 Agustus 2022 mendatang. 

Walikota Surakarta, Gibran Rakabuming selaku ketua pelaksana ASEAN Para Games 2022 menyatakan rasa bangganya karena Indonesia berhasil menjadi tuan rumah untuk yang kedua kalinya. 

Keseluruhan acara didominasi nuansa budaya Jawa, seperti tarian, musik gamelan, dan pertunjukkan wayang. Hal ini juga ditunjukkan dari dihadirkannya artis-artis asal  Jawa Tengah. Penutupan acara dimeriahkan oleh penampilan Nella Kharisma dan ditutup dengan peletusan kembang api pukul 21.00 WIB. 

“Acara ini sangat meriah dan mewah. Banyak pejabat yang datang, seperti Wakil Presiden RI, Gubernur Jawa Tengah, dan Walikota Surakarta. Penonton juga antusias banget. Harapannya semoga ASEAN Para Games 2022 lancar hingga penutupan,” ungkap Nabila (20) salah satu penonton saat diwawancarai VISI. 

Ramainya kursi tribun, sorakan, dan tepuk tangan menjadi tanda tingginya antusiasme masyarakat untuk menyambut perhelatan olahraga ASEAN Para Games tahun ini. (Cisya) 


SHARE THIS

0 Comments: