Jumat, 24 Juni 2022

IMF Kembali Digelar Dengan Tema “Marvelous Mask”

 
Pembukaan Acara IMF 2022 oleh MC (Dok. Fina)


Lpmvisi.com – IMF kembali digelar dengan tema “Marvelous Mask” secara hybrid pada Jumat (17/06/2022)

International Mask Festival diselenggarakan oleh SIPA (Solo International Performing Art) pada 17-18 Juni 2022 di Pendapa Prangwedanan, Pura Mangkunegaran, Solo. Acara ini juga dapat disaksikan melalui channel YouTube SIPA Festival, International Mask Festival, Pariwisata Solo, dan Gibran TV. 

Pada hari pertama terdapat dua agenda acara, yakni Mask Exhibition dan Live Performance dari beberapa penari lokal dan mancanegara. Penari yang mengisi acara tersebut antara lain Semarak Candrakirana Art Center, SIRISOK Dance Theater, Bengkel Seni Universitas Negeri Medan, The Kaizen M.D Collective, Sanggar Kesenian Nuansa, I Ketut Kodi, Sanggar Tari Pradnya, dan Akademi Seni Mangkunegaran.

Penampilan Tari Topeng oleh I Ketut Kodi dari Bali (Dok. Fina)

“IMF tahun ini temanya “Marvelous Mask”, harapannya lewat karya seni tari topeng dari Indonesia dan mancanegara ini tuh, bisa menyatukan daerah, bangsa, dan bahasa”, ujar Sapto, Panitia Humas IMF 2022. 

Selain untuk mengenalkan topeng sebagai kebudayaan Indonesia, IMF bertujuan untuk dapat menyatukan daerah, bangsa, dan bahasa antara Indonesia dengan negara lain.


Penampilan Tari Topeng Md Al Hafiz Bin Hosni dari The Kaizen M.D Collective, Singapura (Dok. Fina)

Acara live performance yang dimulai pada pukul 19.00 WIB disaksikan oleh banyak pengunjung dan beberapa tamu undangan. Meskipun sempat hujan, para pengunjung tetap ramai dan kondusif. Tidak jarang para pengunjung mengabadikan pertunjukan tari menggunakan smartphone-nya.

Penampilan Tari Topeng dari Sanggar Kesenian Nuansa, Disbudparpora Kota Banjarmasin (Dok. Fina)

“Saya tahu acara ini dari story Instagram teman saya, terus saya kepo nih pingin nonton. Saya tertarik soalnya belum pernah nonton pertunjukan kaya gini sebelumnya. Ternyata keren banget sih, memukau dan apa ya, bisa membius penonton gitu”, ujar Farah (19). Para pengunjung merasa terpukau dengan penampilan penari yang tampil di IMF malam itu. (Fina)


SHARE THIS

0 Comments: