Sabtu, 30 April 2022

Pemkot Surakarta Kembali Gelar “Solo Menari” untuk Peringati Hari Tari Sedunia

 

(Dok. Fina)


Lpmvisi.com, Solo – Pemerintah Kota Surakarta gelar event Solo Menari 2022 secara hybrid Sabtu (29/04/2022).

Solo Menari Tahun 2022 digelar hybrid melalui kanal YouTube dan lima titik lokasi di Kota Solo. Live streaming dapat disaksikan di channel Disbudpar Surakarta, Pariwisata Solo, dan GibranTV. Adapun event juga digelar di Lobby Utama Solo Square, Loji Gandrung, area Pasar Antik Ngarsopura, area parkir McD Slamet Riyadi, dan halaman Balaikota Surakarta.


(Dok. Cisya)


Tak hanya itu, Kirab Budaya dimulai pukul 16.30 WIB yang dihadiri oleh Walikota Solo, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, KGPAA Mangkunagoro X dan KGPAA Hamangkunagoro Sudibyo Rajaputra Narendra Mataram dari Hotel the Royal Surakarta Heritage sampai di Balaikota Solo.


(Dok. Cisya)


Solo Menari merupakan acara yang digelar untuk memperingati hari tari dunia. Tahun ini mengangkat tema Gatra Manggala Muda dan dimeriahkan oleh puluhan penari di berbagai titik. 

Balaikota Surakarta menjadi lokasi terakhir dalam acara Solo Menari. Antusiasme masyarakat, cukup tinggi terlihat dari ramainya pengunjung baik anak-anak maupun orang dewasa. “Saya sudah di sini dari jam empat mau menunggu Kirab Budaya, ujar Nur saat diwawancarai VISI. Mereka bahkan sudah berada di lokasi dan menunggu di sekitar halaman Balaikota Surakarta sebelum acara dimulai. 

“Saya baru pertama kali nonton, saya pengen liat acara tarinya, saya juga pengen ketemu Pak Sandiaga dan Mas Gibran”, ujar Nur (19). Selain rasa penasaran, hadirnya tokoh-tokoh penting menjadi salah satu daya tarik pengunjung untuk menyaksikan acara ini. 

Selama acara berlangsung, para pengunjung menyaksikan dari sekeliling halaman Balaikota Surakarta. Tidak jarang mereka memotret dan merekam untuk mengabadikan momen-momen di setiap rangkaian acara. 

Pertunjukan tari ini sangat memukau setiap orang yang menyaksikannya. Meskipun mendekati waktu berbuka puasa, para pengunjung masih setia berada di lokasi hingga akhir acara. Cuaca di sore itu juga mendukung berjalannnya acara, tidak panas dan tidak hujan pula. 


(Dok. Fina)


Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno menegaskan bahwa event Solo Menari dapat mempromosikan Solo sebagai kota budaya. 


(Dok. Fina)


Kemudian acara ditutup dengan pelepasan anak panah ke atas kanopi Balaikota oleh Gibran, Jan Ethes, Sandiaga, KGPAA Mangkunagoro X, dan KGPAA Hamangkunagoro Sudibyo Rajaputra Narendra Mataram (Cisya, Fina).


SHARE THIS

0 Comments: