Jumat, 11 Maret 2022

Dies Natalis ke-46, UNS Gelar Sidang Terbuka di Tower UNS

 

Suasana Sidang Terbuka Dies Natalis UNS ke-46 (Dok. Internet)

Lpmvisi.com, Solo — Universitas Sebelas Maret (UNS) mendapat banyak penghargaan mulai dari skala nasional hingga internasional dalam Sidang Terbuka Dies Natalis yang ke-46 Jumat (11/02/2022) di Tower UNS Ki Hadjar Dewantara. Penghargaan tersebut diantaranya sertifikat penghargaan UI Green Metric yang diberikan kepada UNS karena berhasil meraih peringkat ke-7, kemudian menjadi satu-satunya perwakilan Indonesia dalam The Young University Rankings 2022, serta menduduki peringkat ke-401+ dari 549 perguruan tinggi dunia yang ikut dalam pemeringkatan ini. 

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) turut menghadiri Dies Natalis untuk memberikan penghargaan langsung kepada UNS. Di tengah sambutannya, Jokowi memberikan sambutan dan menyampaikan sebuah pesan untuk UNS.

“Saya ingin mengingatkan kepada UNS untuk berhati-hati. UNS ini sekarang sudah menjadi kapal besar. Kapal besar kalau ingin mengubah itu juga pelan-pelan, padahal yang dibutuhkan adalah kecepatan. Kalau kapal masih kecil belok langsung gampang banget,” ujarnya. 

Dies Natalis yang ke-46 ini memiliki tema "Internasionalisasi dan Pengembangan Inovasi UNS Berbasis Teknologi Digital Menuju Kebangkitan Ekonomi Kreatif". Karena itu, Jokowi berpesan kepada UNS, sebagai kapal induk, untuk berhati-hati dalam perkembangan ilmu pengetahuan yang semakin cepat ini

Tak hanya itu, UNS turut memberikan penghargaan kepada Sri Mulyani selaku Menteri Keuangan yang telah berjasa sangat besar untuk penerapan kebijakan fiskal dan penanganan kasus COVID-19 yang membuat perekonomian Indonesia semakin terpuruk. 

“Kita melihat pemulihan sedang terjadi saat ini dan Indonesia sedang kembali ke-track menuju tujuan dan cita-cita pembangunan,” ujar Sri Mulyani.

Setelah agenda penyambutan dan pemberian penghargaan, agenda selanjutnya ialah peresmian berdirinya Gedung Tower UNS “Ki Hajar Dewantara” yang dilakukan oleh Jokowi dan didampingi oleh para Rektorat UNS. Gedung dengan 11 lantai ini ditujukan sebagai fasilitas penunjang pendidikan di UNS. Tower yang mulai dibangun pada 11 Mei 2022 ini diresmikan secara simbolis melalui penandatanganan di atas prasasti oleh Jokowi.

Terakhir, Jokowi berharap dengan berdirinya bangunan Tower UNS ini dapat digunakan sebagai penunjang pendidikan dan dapat menjadikan UNS mendunia dengan menggunakan pendidikan berbasis teknologi digital. (Silfani)


SHARE THIS

0 Comments: