Jumat, 11 Maret 2022

Bertambah Usia, UNS Raih Prestasi Baru dan Tanam Pohon Langka Bersama 12 Guru Besar

Foto bersama usai acara penanaman pohon langka oleh guru besar (Dok. Rio Humas UNS)


Lpmvisi.com, Solo Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) berhasil raih peringkat ke-7 UI Green Matric Award University Ranking tahun 2021 tingkat nasional. Prestasi tersebut disampaikan saat upacara Dies Natalis berlangsung, Kamis (10/3/2022) yang ditandai dengan diserahkannya sertifikat penghargaan oleh Koordinator Green Campus UNS, Dr. Suryanto, S.E., M.Si. kepada Rektor UNS, Prof. Dr. Jamal Wiwoho, S.H., M.Hum. 


Selain berbahagia pada kancah nasional, UNS juga turut memberikan penghargaan kepada fakultas yang memenuhi kriteria Green Campus. Tak sampai di situ, penobatan dosen terbaik yang dinilai berdasarkan kinerja yang sangat baik dalam kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat juga diberikan. Jamal mengatakan bahwa pemberian penghargaan-penghargaan tersebut diharapkan bisa memberikan motivasi dan menjadi inspirasi bagi para dosen untuk lebih produktif dan memberikan sumbangsih keilmuan yang dimiliki bagi kepentingan bangsa dan masyarakat. 


Berlatar belakang sebagai Green Campus di Indonesia, UNS bersama 12 Guru Besar UNS juga melakukan penanaman pohon langka di Kompleks Pusat Penelitian Lingkungan Hidup (PPLH) LPPM UNS Kamis (10/3/2022). Guru Besar yang terlibat dalam penanaman pohon langka tersebut antara lain Prof. Dr. Budi Kristiawan, S.T., M.T. dari Fakultas Teknik (FT), Prof. Dr. Fitria Rahmawati, S.Si., M.Si. dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Prof. Sutrisno Hadi Purnomo, S.Pt., M.Si., Ph.D. dari Fakultas Pertanian (FP). Prof. Dr. Ir. Mohammad Harisuddin, M.Si. dari Fakultas Pertanian (FP). Prof. Dr. Triyanto, S.H., M.Hum., dan masih banyak lagi. Pohon yang ditanam pun beraneka ragam, yakni pohon sawo manila, pohon duwet putih, pohon kenari, pohon sawo susu, pohon kedondong, pohon salak, pohon sawo kecik, pohon walisongo, dan dan pohon sukun. 


“Saya berharap penanaman pohon besar ini jangan hanya dijadikan sebuah seremonial saja,” ungkap Jamal. 


Selain itu, Jamal juga berharap bahwa kegiatan ini bisa menjadi salah satu langkah pengembangan UNS dalam UI Green Matric dan berorientasi pada perkembangan lingkungan hidup yang lebih baik serta benar-benar melakukan pemeliharaan terhadap pohon-pohon tersebut. (Vinda)



SHARE THIS

0 Comments: