Kamis, 17 Februari 2022

Peringati HUT Ke-277, Pemkot Solo Kenalkan Layanan Baru

 

     

Suasana di Balai Kota Solo saat presentasi Lantatur dilaksanakan (Dok. Zidan)

Lpmvisi.com, Solo - Upacara peringatan HUT ke-277 Kota Solo dilaksanakan di halaman Balai Kota Solo Kamis (17/2/2022) pukul 07.30 WIB. Acara dibuka dengan menampilkan pentas seni tari dan pengrawit wayang orang oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Solo. Namun, ada yang menarik dari upacara biasanya. Berbeda pada upacara pada hari biasa, upacara kali ini memperkenalkan Layanan Tanpa Turun (Lantatur).

“Layanan Tanpa Turun merupakan sebuah inovasi baru dari Pemkot (Pemerintah Kota -red) Solo agar kedepannya dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat Solo. Dengan adanya Lantatur ini, diharapkan pelayanan administrasi di Kota Solo dapat lebih efektif dan efisien,” ungkap Teguh Prakosa selaku Wakil Walikota Solo sekaligus pemimpin upacara.

Selain Layanan Tanpa Turun (Lantatur), diperkenalkan juga perpustakaan keliling dengan mobil listrik yang merupakan kerjasama antara Pemerintah Kota Surakarta dengan Yayasan Imeco Bhakti Nusa. Inovasi ini dicanangkan Pemerintah dengan mengacu pada Perjanjian Paris tentang pengurangan emisi karbon. Kendaraan yang digunakan sebagai perpustakaan keliling ini merupakan hibah dari Yayasan Imeco Bhakti Nusa.

“Nantinya, perpustakaan keliling ini akan disebar ke perkampungan-perkampungan kecil. Walaupun di kampung sudah ada perpustakaan, tetapi banyak yang belum lengkap buku-bukunya,” Lanjut Teguh.

Dengan adanya Perpustakaan Keliling ini, diharapkan dapat meningkatkan literasi dan minat belajar, khususnya pada kalangan anak-anak, karena terdapat banyak buku mengenai pembelajaran budi pekerti serta sopan-santun agar nantinya mereka dapat menjadi penerus dan pemimpin bangsa Indonesia dengan pekerti yang baik.

Terakhir, Teguh mengajak seluruh warga Kota Surakarta untuk kembali ke jati diri dan falsafah budaya jawa yang adiluhung sesuai dengan tema yang diangkat dalam HUT ke-277 Kota Surakarta, yakni “Sesarengan Gumregah, Sesarengan Jumangkah.(Zidan)

 


SHARE THIS

0 Comments: