Kamis, 17 Februari 2022

Perayaan Kirab Boyong Kedhaton Spesial HUT Kota Solo Ke-277 di Tengah Pandemi, Tetap Bermakna

 

Suasana Prosesi Kirab Boyong Kedhaton di Balai Kota Solo Kamis (17/02/2022) (Dok. Internet)


Lpmvisi.com, Solo - Kota Solo menggelar perayaan Kirab Boyong Kedhaton dalam rangka memperingati hari jadi ke-277 tahun pada Kamis (17/02/2022). Perayaan yang wajib diselenggarakan setiap tahunnya ini bermuara di Balai Kota Solo setelah melakukan perjalanan dari Benteng Vastenburg pukul 3 sore. Kirab Boyong Kedhaton secara garis besar mengandung representasi tentang bagaimana sejarah Kota Solo terbentuk dan beberapa perpindahan yang terjadi di awal mula Kota Solo berdiri.

Tahun 2022 menjadi tahun yang spesial bagi Kirab Boyong Kedhaton, hal ini karena acara diselenggarakan secara hybrid, mengingat masih maraknya Covid-19 di tengah masyarakat. Ratusan pengisi kirab yang berbusana khas keraton dan adat Solo pun tetap menggunakan masker dan mematuhi protokol kesehatan. Penonton yang hadir di lapangan juga terbatas serta dijaga ketat oleh beberapa aparat yang bertugas menjaga kemanan.

Meski dengan berbagai keterbatasan yang membuat perayaan ini tak seperti perayaan di beberapa tahun sebelumnya, seluruh komponen pendukung seperti gamelan, tarian, dan lainnya tak mengurangi esensi dari Kirab Boyong Kedhaton ini. Beberapa pejabat Kota Solo pun turut hadir di balai kota untuk mendukung dan meramaikan acara.

Ita, salah satu penonton Kirab Boyong Kedhaton melalui channel YouTube Pariwisata Solo mengatakan bahwa acara ini begitu menarik untuk dilihat.

"Menarik sekali ya, buat orang yang baru pertama kali melihat perayaan seperti ini. Sayangnya, saya hanya bisa menonton lewat YouTube, tapi tetap berkesan," ungkapnya. (Vinda)


SHARE THIS

0 Comments: