Senin, 25 Oktober 2021

Mahasiswa UNS Meninggal Usai Mengikuti Diksar Menwa

 

Sebuah poster berisi tuntutan untuk mengusut tuntas kasus meninggalnya Mahasiswa UNS yang mengikuti Diksar Menwa UNS terpasang di Boulevard UNS, Senin (25/10/2021) malam. (Dok.Nur Afif/Fisip)

Lpmvisi.com, Solo – Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) bernama Gilang Endi Saputra (21) meninggal usai mengikuti pendidikan dasar (diksar) Resimen Mahasiswa UNS (Menwa) di Jurug, Minggu (24/10/2021).

Menurut informasi yang dihimpun VISI, korban sempat mengalami kejang-kejang saat menjalani kegiatan diksar. Belum diketahui secara pasti penyebab meninggalnya mahasiswa Jurusan K3 UNS itu.

Pihak keluarga menduga Gilang mengalami kekerasan sebelum akhirnya meninggal. Hal ini diungkapkan pihak keluarga saat menerima jenazah di rumah duka, Senin (25/10/2021).

"Kondisi korban mukanya sudah memar, banyak mengeluarkan darah. Di tengkuk juga ada luka," ujar ayah Gilang, Sadarno, melalui detik.com, Senin (25/10/2021).

Melihat banyaknya luka pada tubuh Gilang membuat keluarga merasa janggal. Keluarga akhirnya melaporkan kasus ini ke Polresta Karanganyar dan akan ditangani bersama Polresta Solo.

Pihak keluarga saat ini tengah menanti hasil otopsi Satreskrim Polresta Solo. Tak hanya itu, Satreksrim Polresta Solo berencana akan memanggil seluruh pihak yang terlibat guna menyelidiki kronologi kasus tersebut.

Sebelumnya Gilang mengikuti acara Diksar Menwa UNS yang bernama Pendidikan Pra Gladhi Patria XXXVI. Kegiatan yang diikuti Gilang tersebut sedianya akan berlangsung tanggal 23-31 Oktober 2021. Kegiatan tersebut dilaksanakan di lingkungan kampus dan area Jurug.

Kegiatan yang diikuti 12 orang tersebut akhirnya dihentikan pasca meninggalnya Gilang. Pihak kampus mengatakan sejumlah panitia tengah menjalani proses pemeriksaan.

"Kami sedang mendata siapa saja panitianya, kemudian kita jadwalkan untuk pemeriksaan saksi-saksi,” ujar Kasat Reskrim Polresta Solo, AKP Djohan Andika melalui detik.com. (Gede)


SHARE THIS

0 Comments: