Rabu, 27 Oktober 2021

Aliansi Mahasiswa UNS Gelar Aksi Nyalakan 100 Lilin untuk Gilang


Sejumlah massa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa UNS menggelar aksi menyalakan lilin di Boulevard UNS, Selasa (26/10/2021) malam. (Dok.Gede)


    Lpmvisi.com, SoloSejumlah massa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) menggelar aksi menyalakan 100 lilin di Boulevard UNS, Selasa (26/10/2021) malam. Aksi ini merupakan buntut dari kematian Mahasiswa UNS, Gilang Endi Saputra (21) yang meninggal usai mengikuti Pendidikan Dasar (Diksar) yang digelar Resimen Mahasiswa (Menwa) pada Minggu (24/10/2021).

    Salah satu panitia acara, Elang Muhammad Fikhri mengatakan, acara ini bertujuan untuk menyatakan sikap atas kejadian yang dialami Gilang.

  “Di sini kami menyatakan sikap, membacakan doa, dan menuntut rektorat agar secepat-cepatnya melakukan klarifikasi siapapun pelakunya,” tutur Elang.

    Simbolisasi 100 lilin sendiri dimaknai sebagai ungkapan duka cita atas kematian Gilang. Selain menyalakan lilin, sejumlah mahasiswa melakukan orasi orasi dan membacakan tuntutan kepada pihak kampus dan Menwa untuk segera memberi kejelasan terhadap peristiwa yang menimpa Gilang.

    Lingga (20), salah satu teman sekelas Gilang, mengungkapkan kekecewaannya terhadap pihak kampus dan Menwa karena masih bungkam atas kematian temannya tersebut.

    “Kami menuntut kampus dan mereka (Menwa-red) untuk segera bertanggung jawab atas kematian teman kami. Karena ini benar-benar diluar nalar,ujar Lingga saat ditemui VISI.

    Kekecewaan terhadap kasus ini juga dirasakan oleh peserta aksi lainnya yakni Burhan (21). Burhan menyayangkan tidak adanya transparansi dari kampus dan Menwa terhadap kasus ini.

    “Harusnya kampus bisa lebih transparan lagi terhadap kasus ini. Dan juga harus ada regulasi yang jelas agar kejadian semacam ini tidak terulang, ungkap Burhan saat ditemui VISI.

    Hingga berita ini diturunkan, pihak kampus dan Menwa UNS hanya memberikan tanggapan berupa kronologi kasus ini. Pihak kampus menyerahkan kasus ini kepada kepolisian agar diusut secara tuntas. Belum ada kejelasan mengenai sanksi yang akan diberikan kepada Menwa ataupun 21 panitia yang terlibat dalam acara Diksar Menwa tesebut. (Falah).



SHARE THIS

0 Comments: