Selasa, 17 Agustus 2021

Memaknai Perjuangan Guru Bangsa, Tjokroaminoto

 

Judul : Guru Bangsa: Tjokroaminoto

 | Tanggal Rilis : 2015 | Sutradra 
Garin Nugroho

 | Durasi 161 menit (2 jam 41 menit)




Oleh: Clarisa Kusuma Wardani

Oemar Said Tjokroaminoto seorang muslim bumiputera, ketua perkumpulan Sarekat Islam yang merupakan perkumpulan terbesar di Hindia Timur ketika itu. Secara garis besar film ini mengisahkan perjuangan Tjokroaminoto dalam mendirikan Sarekat Islam. Film ini juga mengangkat berbagai lika-liku yang dihadapi Tjokroaminoto dalam upaya membuka mata masyarakat terhadap penindasan yang terjadi.

Film ini turut memberikan gambaran bagaimanna kehidupan pribadi Tjokroaminoto hingga hubungannya dengan pahlawan lain seperti KH. Agus Salim yang merupakan pengurus Sarekat Islam.

Salah satu perkataan Tjokroaminoto dalam film ini yang cukup berkesan dan mampu membangkitkan semangat adalah “...bahwa seseorang berhak untuk memiliki kiblat baru, menuju masyarakat yang lebih baik”. Kalimat tersebut dapat dimaknai sebagai bahwa masyarakat Indonesia punya hak untuk menuju ke kehidupan yang lebih baik.

Film yang mengambil latar tahun 1900-an ini berjalan dengan alur yang smooth. Cerita yang disuguhkan dapat dikatakan ringan dan cukup bagus, walaupun menurut sebagian pihak masih kurang greget atau menghanyutkan. Meskipun demikian, film ini sangat cocok untuk ditonton karena didalamnya terdapat kisah-kisah yang apik. Tak hanya itu, pemikiran dan tekad luar biasa para pejuang juga memuat banyak pesan moral. Sehingga penonton dapat terbius kegigihan Tjokroaminoto dalam memperjuangkan tekad dan pemikirannya.

Tontonan bernuansa berbeda apabila ingin beralih sejenak dari kebanyakan film ataupun drama berlatar belakang kehidupan modern yang banyak berseliweran saat ini. Film ini cocok untuk kamu tonton apalagi masih dalam nuansa bulan kemerdekaan seperti ini. Dirgahayu Indonesiaku! 



SHARE THIS

0 Comments: