Rabu, 21 Juli 2021

Mengejar Mimpi Monster Laut Lewat Film LUCA

 

Judul : LUCA | Tanggal Rilis : 18 juni 2020 | Sutradra 

Enrico Casarosa | Durasi : 96 menit

(Dok.Wikipedia)

Film ini merupakan hasil kolaborasi Disney dan Pixar yang mulai diproduksi pada Juli 2020. Inspirasi pembuatan film LUCA tidak lain datang dari memori masa kecil sang sutradara, Enrico Casarosa, di Genova, Italia. Tim produksi sampai mengirim perwakilannya langsung ke Italia untuk melakukan riset dan mengambil gambar pemandangan daerah setempat. Wah, totalitas banget, Ya!

LUCA mengisahkan petualangan persahabatan 2 monster laut yang memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, yaitu Luca dan Alberto. Mereka memulai petualangan musim panas di dunia manusia, tepatnya di Kota Portorosso, yang berada di daerah pesisir Pantai Riviera. Petualangan ini dilakukan demi mewujudkan impian mereka, yaitu memiliki skuter Vespa. Dikisahkan bahwa masyarakat Portorosso sangat tidak menyukai monster laut. Tenang, Luca dan Alberto akan berubah wujud menjadi manusia asalkan tubuh mereka tetap kering. Hal ini memudahkan mereka dalam berpetualang di dunia manusia dengan tetap menjaga rahasia bahwa mereka adalah monster laut. Kedua sahabat itu pun dipertemukan dengan Giulia Marcovaldo, gadis baik hati yang dengan senang hati membantu mereka mendekatkan diri dengan impian mereka. Mereka bertiga kemudian membentuk satu tim untuk bekerja sama memenangkan kompetisi. Hadiah dari kompetisi tersebut akan dibagi dan digunakan untuk membeli skuter Vespa impian Luca dan Alberto.

Meskipun banyak yang menilai film ini kurang menunjukkan sisi emosional seperti ciri khas film Pixar pada umumnya, nyatanya film ini masih sangat cocok ditonton bersama keluarga. Alur yang sederhana dan ringan membuat anak-anak akan mudah memahaminya. Ditambah dengan visualisasi yang dikemas apik dan sangat berwarna, menjadikan nilai tambah untuk film ini. Visualisasi suasana musim panas Italia yang tergambar dalam film ini, seperti berjemur di pantai, keliling kota makan gelato, dan mengunyah pizza margherita sukses membuat penikmatnya senang sekaligus sedih bersamaan saat menontonnya di masa pandemi seperti sekarang ini.

 LUCA mengajarkan kita bahwa tidak perlu takut untuk bermimpi. Meskipun impian kita diremehkan orang lain, bahkan orang terdekat kita sendiri. Tidak ada yang mustahil jika kita berusaha keras dan pantang menyerah. Percaya kepada diri sendiri juga mengambil peran penting dalam perjalanan menuju impian. Hilangkanlah gangguan-gangguan yang akan menghambat perjalanan kita dan teruslah fokus pada tujuan kita.  Monster laut saja bisa meraih impiannya, apalagi kita

Jadi, kalian sudah nonton LUCA belum, nih? Kalau belum, tonton di platform resmi ya, friends! Film ini cocok untuk mengisi liburan semester kalian!  (Muthia Alya)







SHARE THIS

0 Comments: