Sabtu, 03 Juli 2021

Menilik Proses Vaksinasi Mahasiswa UNS

 Oleh: Gede Arga Adrian

Lpmvisi.com, Solo - Program vaksinasi merupakan salah satu cara untuk mencegah penyebaran virus Covid-19. Saat ini, Indonesia tengah mengejar ketertinggalannya untuk melakukan vaksinasi secara merata di seluruh daerah. Salah satu yang turut melaksanakan vaksinasi adalah Universitas Sebelas Maret (UNS) melalui program “Serbuan Vaksin Untuk Mahasiswa” pada Sabtu (03/07/2021) di Gedung Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran, UNS.

Peserta yang telah mengisi formulir pendaftaran melalui Google Form, akan melakukan registrasi dengan menunjukkan kartu tanda mahasiswa, kartu tanda penduduk, dan menyerahkan salinan kartu tanda penduduk.


Peserta selanjutnya diberikan formular kartu tanda penerima vaksin dan diminta untuk menuliskan data berupa nomor induk kependudukan (NIK), nama, tanggal lahir, dan alamat tinggal.


Setelah melengkapi berkas registrasi, peserta diarahkan untuk memasuki ruangan vaksinasi. Tentunya peserta harus melakukan cuci tangan dan pengecekan suhu tubuh. 


Sebelum melakukan vaksinasi, peserta harus melalui pemeriksaan seperti pengecekan tekanan darah. Setelah dilakukan uji klinis, peserta diarahkan untuk duduk di kursi tunggu yang telah disediakan. 


Peserta kemudian disuntik vaksin ketika gilirannya sudah tiba. 


Khusus untuk peserta vaksin yang mengenakan hijab, terdapat bilik khusus untuk proses pemberian vaksin.



Setelah mendapatkan vaksin, peserta akan diarahkan ke ruangan khusus untuk menunggu selama 30 menit sebagai antisipasi efek samping dari vaksin ini. Kartu vaksin juga diisikan oleh petugas selama proses vaksinasi.


SHARE THIS

0 Comments: