Jumat, 18 Juni 2021

Merajut Harmoni Topeng Dunia Lewat IMF 2021

 

Penampilan Delegasi Fajar Nugroho Dalam International Mask Festival 2021 (Dok.Gede)



Lpmvisi.com, Solo - International Mask Festival (IMF) kembali digelar untuk ke-8 kalinya. IMF tahun ini diselenggarakan secara hybrid pada 11-12 Juni 2021 dengan disiarkan secara langsung melalui kanal Youtube SIPA Festival dan secara luring di nDalem Purwohamijayan, Surakarta.

IMF tahun ini menghadirkan dua guest star yakni Dr. Martinus Miroto M.F.A dari Yogyakarta dan Wangi Indriya dari Indramayu. Dalam penampilannya, Dr. Martinus Miroto M.F.A membawakan karya masterpiece-nya yang berjudul ‘Penumbra’. Karya tersebut disajikan pada Jumat (11/06/2021). Sedangkan Wangi Indriya membawakan sajian berjudul Tari Topeng Panji Gaya Indramayu. Karya tersebut disajikan pada Sabtu (12/06/2021).

IMF tahun ini mengangkat tema dengan judul PANJI: Road to Jalan Rempah. Maksud dari tema tersebut ialah Panji yang mengungkap sejarah keagungan Nusantara dan membentuk jalur rempah yang menjadi cikal bakal Nusantara. Dalam sambutannya, Chief Excecutive IMF 2021, Mimi Zulaikha, S.S, mengatakan IMF digelar sebagai wujud konsistensi penyelenggaraan festival di era new normal dengan pemanfaatan teknologi yang tepat guna.

“IMF 2021 digelar secara hybrid sebagai wujud konsisten penyelenggaraan festival di era new normal. Penonton yang hadir di lokasi acara sangat terbatas sedangkan penonton live streaming tidak terbatas (menjangkau seluruh dunia -red). Inovasi dan krestivitas menjangkau seluruh negeri bantuan teknologi. Bertujuan untuk merajut harmoni dalam keanekaragaman topeng dunia melalui seni pertunjukan,” ujar Mimi dalam sambutannya.

Sama seperti tahun sebelumnya, IMF tahun ini juga menggelar Tiktok challenge, kuis Instagram, dan live chat sehingga tercipta komunikasi dua arah antara penonton dan penyelenggara. IMF juga hadir sebagai diplomasi antar masyarakat sekaligus mempromosikan wisata kota Solo dalam jangka panjang.

Mimi Zulaikha juga menjelaskan kegiatan luring dilaksanakan dengan menghadirkan delegasi Indonesia yang tampil secara langsung meskipun jumlah penonton dibatasi. Sedangkan untuk event secara daring, delegasi Indonesia dan mancanegara menampilkan karya mereka melalui video rekaman yang ditayangkan secara live streaming kanal Youtube SIPA Festival. Adapaun delegasi mancanegara yang tampil pada IMF 2021 berasal dari Fillipina, Malaysia, Perancis, Republik Korea, dan Vietnam. Sedangkan delegasi Indonesia berasal dari 






SHARE THIS

0 Comments: