Jumat, 18 Juni 2021

UNS Gelar Doa Bersama Peringati Wafatnya Dosen Akibat Covid-19

 

Peserta yang hadir menghadiri doa bersama memalui zoom
(Dok.David)



Lpmvisi.com, Solo – Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar kegiatan doa bersama menyusul meninggalnya tiga dosen dan satu tenaga pendidik akibat infeksi virus Covid-19. Kegiatan doa bersama digelar segera setelah keluarnya pengumuman pembatasan kegiatan di area kampus Kamis (17/6/2021).

   Doa bersama ini digelar untuk memperingati wafatnya tiga dosen dan satu tenaga pendidik (tendik) yaitu: Dosen Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Ir. Antonius Mediyanto, M.T.; Dosen Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Didik Sri Wiyono, S.T., M.T.; Dosen Fakultas Kedokteran, Dr. dr. M. Taufiqurrohman; dan Subkoordinator Subbag Akademik Fakultas Ilmu Budaya, Maretta Elly Susilowati, S.E.

 Kegiatan yang mengusung tema Doa Bersama Civitas Akademika UNS ini digelar secara daring melalui Zoom dan disiarkan melalui kanal Youtube Universitas Sebelas Maret. Acara ini turut dihadiri oleh Rektor UNS, Prof. Dr. Jamal Wiwoho, S.H., M.Hum,, Wakil Majelis Wali Amanah, Prof. Dr. Hasarfauzi, pejabat kampus, hingga mahasiswa. Doa bersama berlangung sejak pukul 19.30 WIB dan berakhir pada pukul 21.00 WIB.

Acara ini diawali dengan sambutan oleh Prof. Dr. Ir. Ahmad Yunus, M.S. Acara kemudian dilanjutkan dengan pembacaan  ayat suci Al-Qur’an oleh Muhammad Hadib, yang dilanjutkan dengan sambutan oleh Rektor UNS, Prof. Dr. Jamal Wiwoho, S.H., sambutan dari  dr. Nur Hafida, istri Almarhum Didik Sri Wiyono, S.T., pembacaan tausiyah singkat oleh Arifuddin, pembacaan surat-surat Al-Qur’an, yang kemudian diakhiri oleh dzikir dan doa. 

 


Penyampaian sambutan oleh rektor UNS
(Dok.David)


Dalam sambutannya, Jamal memaparkan perkembangan Covid-19 di lingkungan kampus. Ia mengatakan hampir semua fakultas di UNS terjangkit kasus Covid-19.  Secara rinci Jamal memaparkan jumlah penderita Covid-19 di setiap fakultas sebagai berikut:

1.      Fakultas Pertanian  terdapat empat orang,

2.      Bagian Perencanaan terdapat satu orang,  

3.      Perpustakaan terdapat satu orang, 

4.      Fakultas Ekonomi dan Bisnis  terdapat tiga dosen, satu mahasiswa,  dan tiga orang anggota keluarga dosen,

5.      Fakultas Hukum terdapat dua dosen beserta istri dan dua anak,

6.  Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam terdapat empat dosen dan tenaga kependidikan,

7.      Fakukltas Teknik terdapat satu dosen dan satu mahasiswa, 

8.      Sekolah Vokasi terdapat satu orang,

9.      Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan terdapat dua orang,   

10.  Rumah Sakit UNS terdapat tiga karyawan,

11.  Fakultas Kedokteran terdapat dua dosen.

Melihat situasi seperti ini, Jamal mengungkapkan pihaknya mengambil langkah untuk melakukan pembatasan kegiatan di dalam kampus UNS. Pembatasan tersebut tertuang dalam Surat Edaran (SE) Nomor 2185/UN27/TU/2021 mengenai pembatasan sementara seluruh aktivitas di lingkungan UNS. Pembatasan tersebut dilakukan pada tanggal 18 hingga 25 Juni 2021.

“Seluruh kegiatan di UNS dilakukan secara daring. Jumlah pegawai yang diperbolehkan hanya yang sedang piket. Penyelenggaraan rapat dilakukan secara daring. Penggunaan fasilitas umum untuk sementara dihentikan. Apabila terpaksa menerima tamu dari luar harus menerapkan  protokol kesehatan ketat,” pungkas Jamal. (David)

 

 



SHARE THIS

0 Comments: