Senin, 12 April 2021

Menengok Uji Coba Kuliah Luring Fisip UNS

Uji coba kuliah luring yang dilaksanakan di Aula Fisip UNS, Senin (12/04/2021).
 (dok.VISI/Gede)


Lpmvisi.com, Solo – Setelah satu tahun program perkuliahan dilakukan secara daring, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip), Universitas Sebelas Maret (UNS) akhirnya melakukan uji coba kuliah luring Senin, (12/04/2021).

            Uji coba tersebut dihadiri oleh Dekan Fisip UNS, Prof. Prof. Dr. Ismi Dwi Astuti Nurhaeni, M.Si beserta jajaran wakil dekan dan kepala program studi (kaprodi). Tak hanya itu, uji coba ini juga diikuti oleh 42 mahasiswa Fisip yang berasal dari Kota Surakarta. Ismi mengaku sangat mengapresiasi keikut sertaan mahasiswa Fisip untuk mengikuti uji coba kali ini. Hal ini menunjukkan antusiasme yang cukup tinggi lantaran dari 57 mahasiswa yang mendaftar, sebanyak 42 mahasiswa sanggup untuk menghadiri uji coba kali ini.

          "Fakultas lain sempat berencana untuk melaksanakan kegiatan ini, namun batal karena pesertanya sedikit. Saya senang karena partisipannya cukup banyak dalam acara ini,” ujar Ismi dalam sambutannya, Senin (12/04/2021).

              Ismi mengatakan, kuliah luring nantinya akan dilaksanakan khusus untuk mahasiswa semester II dan semester akhir. Tidak hanya itu, dalam pantauan VISI, protokol kesehatan juga diterapkan secara ketat. Mulai dari mencuci tangan, pengecekan suhu, penggunaan masker, hingga jaga jarak antar bangku peserta. Pengisian presensi juga dilakukan dengan memindai kode QR untuk mencegah kemungkinan penularan Covid-19.

Peserta uji coba luring melakukan presensi dengan memindai kode QR yang tersedia di papan pengumuman. (dok.VISI/Gede)

Pengecekan suhu dilakukan petugas kepada para peserta uji coba kuliah luring. (dok.VISI/Gede)

Peserta uji coba kuliah luring melakukan cuci tangan sebagai langkah penerapan protokol kesehatan. (dok.VISI/Gede)
            
            Acara yang berlangsung selama tiga jam itu diisi oleh pemaparan dari beberapa jajaran dekanat Fisip. Acara dimulai dengan menyanyikan Indonesia Raya, sambutan Dekan Fisip UNS, Visi Misi dan Profil Fisip UNS, Sosialisasi Program Kampus Merdeka, Sosialisasi dari Kaprodi, pemutaran video profil Fisip UNS, hingga sesi tanya jawab.

            Salah seorang peserta, Almahdi (18), mengaku senang mengikuti kegiatan uji coba luring kali ini. Mahasiswa Ilmu Administrasi Negara ini mengatakan alasannya mengikuti kegiatan ini untuk merasakan sensasi kuliah secara langsung di UNS.

            “Awalnya saya mengira bakal tegang, bakal ada pertanyaan yang menyulitkan mahasiswa. Tapi ternyata dari pihak fakultasnya sendiri malah membuat ini fun sehingga memberi kesan bahwa kuliah di Fisip itu menyenangkan,” ujar Almahdi saat ditemui VISI, Senin, (12/04/2021).

            Lebih lanjut Almahdi berharap agar mahasiswa Fisip UNS dapat segera melaksanakan kuliah luring.

            “Kalau boleh jujur, kuliah luring jauh lebih efektif daripada kuliah daring,” pungkasnya. (Gede, Oentari)


SHARE THIS

0 Comments: