Rabu, 21 April 2021

Ngabuburit dari Rumah, Kenapa Tidak?

 


Ilustrasi Suasana Ngabuburit Di Rumah. (Dok.Internet)


Bulan puasa tentunya tidak lengkap tanpa kegiatan ngabuburit. Ngabuburit sendiri merupakan kegiatan yang dilakukan sambil menanti waktu berbuka puasa. Pandemi Covid-19 telah mengubah cara ngabuburit yang biasanya dilakukan di luar rumah, kini harus dilakukan di dalam rumah.

Meskipun di rumah saja, banyak aktivitas yang bisa dilakukan saat ngabuburit. Berikut ini adalah beberapa hal yang telah VISI rangkum untuk referensi kegiatan apa yang bisa dilakukan di rumah sembari menanti waktu berbuka.

1.      Menjalankan hobi

Dengan melakukan aktivitas yang berhubungan dengan hobi, rasa bosan menanti waktu berbuka akan menghilang.

2.      Beberes rumah, mencuci baju¸membersihkan kamar mandi.

Selain membuat tempat tinggal menjadi bersih, beberes juga membuat tubuh kita aktif bergerak.

3.      Olahraga kecil, seperti yoga dan olahraga ringan lainnya.

Walaupun kita sedang berpuasa, kita tetap harus berolahraga supaya tubuh kita tetap sehat dan imun kita tetap kuat. Puasa bukan menjadi halangan untuk terus aktif bergerak.

4.      Nonton drama korea, serial, ataupun film favorit.

Menonton drama korea ataupun film membuat waktu kita akan teraca cepat berlalu. Hal ini tentu saja akan membuat kita merasa waktu berbuka puasa semakin cepat. Selain itu, kita juga merasa terhibur.

5.      Membaca Alquran setelah menunaikan ibadah salat asar.

Membaca Alquran dapat dilakukan untuk mengisi waktu luang menunggu buka puasa. Dengan membaca Alquran juga dapat menambah pahala kita.

6.      Mendengarkan kajian-kajian islami

Kegiatan ini dapat menambah wawasan tentang dunia islami dan juga menambah pahala di bulan Ramadan.

7.      Berkumpul dan berbagi cerita dengan keluarga.

Ngabuburit dirumah juga bisa menjadi ajang family time. Yang bisa mempererat hubungan di internal keluarga.

8.      Membantu keluarga menyiapkan menu makanan berbuka.

Membantu ibu atau saudara kita menyiapkan makanan untuk buka puasa juga bisa menjadi kegiatan ngabuburit yang bisa kalian lakukan dirumah.

 

Ngabuburit memang salah satu hal yang sangat ditunggu ketika bulan puasa Ramadan tiba. Namun, ngabuburit di tahun ini berbeda suasananya. Kita tidak boleh berakivitas di luar rumah dan hanya boleh beraktvitas di rumah aja.

 

Oleh karena iu, tips-tips ngabuburit di rumah aja versi LPM VISI tersebut bisa teman-teman terapkan. Tentunya tips-tips tersebut, dapat dikombinasikan dengan aktivitas ngabuburit dirumah yang memang sudah kalian lakukan secara rutin. Selamat dan semangat menjalankan ibadah puasa Ramadan 1442 H! (Cika).

 

 

 

  




SHARE THIS

0 Comments: