Jumat, 19 Maret 2021

Merayakan Patah Hati Lewat Sobat Ambyar

 



Identitas Film

Judul Film                   : Sobat Ambyar

Tahun rilis                   : 2021

Sutradara                     : Charles Gozali dan Bagus Bramanti

Durasi                          : 101 menit

 

Tayang di Netflix sejak 14 Januari 2021, Sobat Ambyar mampu mengajak penontonnya untuk merayakan ambyarnya isi hati. Meskipun poster filmnya memperlihatkan sosok Didi Kempot sang maestro campursari, film ini tidak dapat dikatakan sebagai film biopik. Dengan genre romansa sekaligus komedi film tersebut dapat menarik perhatian dari berbagai kalangan.

Sobat Ambyar sendiri menceritakan tentang perjalanan cinta seorang pemilik kedai kopi di Solo, Jatmiko (Bhisma Mulia) yang jatuh cinta pertama kali dengan Saras (Denira Wiguna), seorang mahasiswi asal Surabaya. Kecintaan Jatmiko yang berujung pada bucin (budak cinta -red)  pada Saras mendapat porsi cukup banyak dalam film ini. Mulai dari Saras yang meminta dicarikan topik skripsi, menemani keliling Kota Solo, hingga datang ke wisuda Saras. Namun, Saras mengkhianati Jatmiko dengan memilih laki-laki lain. Di situlah pertama kali Jatmiko merasakan patah hati yang mendalam. Baginya, dunia serasa ikut mematahkan hidupnya sehingga hidupnya menjadi berantakan. Ia tak menyangka kisah percintaan yang dibangun susah payah dengan Saras kandas karena orang ketiga. Jatmiko ambyar, bahkan pingsan ketika menonton konser sang maestro campursari. Melalui konser tersebut, sang maestro memberikan nasihat kepada Jatmiko sekaligus sobat ambyar “Kalau patah hati, dijogeti saja.”

Kehadiran komika sebagai karakter pendukung yang berakting sekaligus stand-up comedy mampu menambah keceriaan dalam film Sobat Ambyar. Sebab tak lengkap film bergenre komedi tanpa menghadirkan aktor komikanya langsung. Kehadirannya dapat menutupi kekurangan film ini karena berlebihan mengumbar emosi patah hati oleh karakter utama. Terlepas dari cerita patah hati yang lebay, unsur lokal yang ada menjadi daya tarik. Film Sobat Ambyar juga cukup baik dalam menampilkan karya Didi Kempot yang familiar bagi siapapun.

Sobat Ambyar mengajarkan kita bahwa mencitai itu sewajarnya saja, jangan berlebihan, sebab segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Film ini cocok bagi kamu yang sedang patah hati atau yang ingin mencari hiburan bertemakan komedi-romantis.

 



SHARE THIS

0 Comments: