Selasa, 06 Oktober 2020

Melalui Webinar, BEM FISIP UNS Ajak Mahasiswa Untuk Menulis di Media Massa

Ilustrasi kepenulisan (Dok. CNN)

            Lpmvisi.com, Solo – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sebalas Maret (UNS) mengadakan webinar Kelas Kepenulisan x Berisik Batch 2, Senin, (05/10/2020). Webinar ini mengundang Ginanjar Dwi Cahyanto, mahasiwa Fakultas Pertanian UNS, sebagai pembicara.

Tema yang diangkat dalam webinar kali ini adalah “Kepenulisan Media Massa Sebagai Wujud Kreativitas Serta Pemikiran Kritis Mahasiswa dalam Mimbar Bebas Akademik”. Tema ini dipilih berdasarkan hasil survei yang telah dilakukan oleh panitia. Hasil survei menunjukkan bahwa ternyata, banyak mahasiswa yag tertarik dengan tema tersebut. Tema tersebut juga dipilih karena mahasiswa memiliki banyak ide atau gagasan yang ingin disampaikan, salah satunya melalui wadah media massa.

Materi webinar kepenulisan BEM FISIP UNS. (Dok. Nova)

Ajeng selaku ketua pelaksana webinar menuturkan, menulis merupakan wujud kebebasan mahasiswa khususnya dalam beropini. Maka, diperlukan kemampuan khusus agar pesan dalam opini tersebut dapat dipahami oleh pembaca dengan baik. “Pastinya kita butuh skill dasar menulis yang baik terlebih dahulu agar apa yang kita sampaikan bisa tepat sasaran,” tutur Ajeng saat dihubungi VISI.

Suasana acara webinar kepenulisan BEM FISIP UNS (Dok. Nova)

        Acara webinar ini diselenggarakan melalui platform Zoom Meeting dan disiarkan secara live stream melalui kanal Youtube BEM FISIP UNS. Meskipun digelar secara daring, sebanyak 182 peserta webinar tetap antusias mengikuti webinar. Peserta webinar berasal dari berbagai instansi dan daerah baik di lingkup UNS maupun luar UNS.

“Webinar ini temanya relate sama program studi aku ilmu komunikasi, jadi butuh banget tau gimana menulis atau beropini di media massa,” ujar Acchedya, mahasiswa UNS, saat dihubungi VISI.


SHARE THIS

0 Comments: