Sabtu, 10 Oktober 2020

Kelola Stres dengan Baik, Begini Caranya

 

Ilustrasi seseorang yang mengalami stres. (Dok.Internet)

Apakah kamu tahu kalau kesehatan mental itu penting bagi tubuh kita? Nah, ternyata kampanye kesadaran kesehatan mental, telah mewarnai jagat dunia maya sejak awal bulan Oktober ini.  Dalam peringatan Hari Kesehatan Mental Dunia yang jatuh pada 10 Oktober 2020, tema besar yang diusung adalah investasi kesehatan mental. Unggahan berupa twibbon dan tagar #MentalHeath, menjadi media dalam menyebar luaskan kampanye ini.

Salah satu gangguan kesehatan mental adalah munculnya stres. Stres adalah reaksi tubuh ketika mengalami gangguan berupa tekanan, ancaman, hingga perubahan kondisi sekitar. Apabila tidak ditangani dengan serius, stres dapat mengakibatkan gangguan fisik penderitanya. Menurut World Health Organization (WHO), setidaknya hampir 1 miliar penduduk dunia memiliki gangguan kesehatan mental. Sebanyak 3 juta orang meninggal setiap tahun akibat penggunaan alkohol dan satu orang meninggal setiap 40 detik karena bunuh diri.

Mengingat pentingnya menjaga kesehatan mental bagi diri sendiri, berikut merupakan beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menghindari stres:

1.    Rajin Berolahraga

Pandemi yang mengharuskan seseorang untuk berada di rumah saja, bukan alasan bagi kita untuk bermalas-malasan. Lakukan olahraga sederhana atau olahraga ringan secara rutin di dalam rumah. Berolahraga dapat melepaskan hormone endorfin yang membantu meningkatkan suasana hati. Jika rajin berolahraga maka suasana hati dapat terjaga dengan baik dan terhindar dari stres.

2.    Mendengarkan Musik

Mendengarkan musik dapat membantu seseorang untuk melepaskan penat dan sebagai teman beristirahat. Pilihlah musik yang sesuai dengan seleramu dan dapat meningkatkan semangat dalam berkegiatan. Dilansir dari Boldsky, ada beberapa efek positif musik pada otak dan tubuh seperti menurunkan tekanan darah dan mengurangi kortisol, yaitu hormon yang terkait dengan stres.

3.    Menjalankan hobi 

Selama pandemi, tidak menutup kemungkinan muncul hobi-hobi baru seperti memasak, berkebun, melukis, menulis dan lain sebagainya. Gunakan waktu untuk mengembangkan hobi tersebut dan cari alternatif agar hobi tersebut dapat tersalurkan. Dengan melakukan kegiatan yang disukai dapat membuat tubuh dan pikiran rileks sehingga terhindar dari stres. 

4.    Berbagi dan Bercerita dengan orang lain

Mengeluarkan keresahan hati atau menceritakan mengenai masalah yang sedang dihadapi dapat membantu mengembalikan perasaan agar lebih baik. Jika saat itu ingin sekali untuk segera mengeluarkan keresahan hati, namun tidak ada orang yang bisa diajak mengobrol, kamu bisa menggantinya dengan menulis buku harian.

Stres memang menjadi salah satu cikal bakal penyakit yang menganggu kesehatan mental dan kesehatan fisik. Maka dari itu, penting bagi kita untuk belajar mengendalikan stress agar tidak mengganggu mental dan fisik diri kita.

Dilansir dari Katadata, hasil survei menunjukkan bahwa selama pandemi, layanan kesehatan mental terganggu dan terhenti di 93% negara. Sedangkan permintaan layanan kesehatan mental terus meningkat. Di Indonesia. Hal ini berdasarkan laporan Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia yang memberikan layanan swaperiksa masalah psikologis secara daring. Masyarakat dapat mengkases layanan tersebut melalui laman www.pdskji.org.

Tidak hanya kesehatan fisik, kesehatan mental pun perlu kita perhatikan. Karena kesehatan mental dapat mempengaruhi kesehatan fisik pula. Kelola tubuh dan pikiran dengan bijaksana, serta selalu melakukan kegiatan yang positif agar kesehatan tetap terjaga.  Selamat Hari Kesehatan Mental! (Oentari).


SHARE THIS

0 Comments: