Sabtu, 01 Agustus 2020

Perayaan Idul Adha di Tengah Pandemi

Pelaksanaan penyembelihan hewan kurban (Dok.Panitia Kurban)

Pandemi Covid-19 yang belum selesai tidak menyurutkan antusiasme masyarakat dalam merayakan Idul Adha. Kejadian ini membuat perayaan Idul Adha tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Lpmvisi.com, Sukoharjo - Warga Songgolangit, Gentan, Sukoharjo melaksanakan penyembelihan hewan kurban setelah melangsungkan salat Idul Adha pada Jumat (31/07/2020)

    Idul Adha tahun ini dirayakan di tengah pandemi Covid-19. Kondisi ini membuat seluruh masyarakat harus mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Protokol kesehatan tersebut mulai dari proses jual-beli hewan kurban sampai pembagian daging hewan kurban. Tidak hanya pemerintah pusat, pemerintah daerah juga mengimbau warganya untuk mematuhi protokol kesehatan.

    Masyarakat di kawasan Perumahan Songgolangit, Gentan, Sukoharjo sudah melaksanakan protokol kesehatan selama perayaan Idul Adha. Dimulai dari pelaksanaan sholat yang dilaksanakan di lapangan terbuka, para jemaah shalat Idul Adha sudah dihimbau untuk membawa sajadah sendiri serta menggunakan masker. Kemudian ketika memasuki area salat, jamaah dicek suhu tubuhnya. Tidak semua warga Perumahan Songgolangit melaksanakan salat di lapangan. Ada juga warga yang melaksanakannya di rumah masing-masing.

    Mawardi (51), salah satu warga Perumahan Songgolangit mengatakan, pelaksanaan shalat Idul Adha berlangsung kondusif. “Alhamdulillah salat Id tahun ini berlangsung lancar meskipun terhambat pandemi covid-19, protokol kesehatan juga sudah dilakukan dengan baik,” ujar Mawardi saat di wawancarai VISI (31/07/2020)

    Tidak hanya itu, proses penyembelihan hewan kurban juga berlangsung dengan lancar sesuai dengan protokol kesehatan. Pada tahun ini jumlah panitia juga dikurangi supaya tidak banyak orang yang berkumpul di area penyembelihan. Meskipun sempat ramai di area penyembelihan, namun warga tetap menjaga jarak satu sama lain.

    Proses pembagian daging hewan kurban sama seperti tahun sebelumnya, yaitu dengan membagikan daging ke rumah-rumah warga dengan menggunakan mobil bak. Ada pula pembagian daging di masjid dengan tetap menjaga jarak antar warga satu dengan lainnya. (Aulia Billqis)

SHARE THIS

0 komentar: