Minggu, 02 Agustus 2020

Serunya Petualangan Sekelompok Perampok dalam “Money Heist”

Judul Money Heist (judul asli: La Casa de Papel) | Tahun Rilis :  2017 | Sutradara  : Alex Pina | Durasi Tayang  : 41-59 menit

(Dok. Medium)


Oleh : Oentari Rachmawati

Jikalau kita terperangkap di dalam rumah karena pandemi, lain halnya dengan yang satu ini. Terjebak di dalam gedung pencetak uang karena perampokan. “La Casa de Papel” atau yang lebih populer dengan nama “Money Heist”, adalah salah satu serial Netflix yang kini telah memasuki musim keempat. Serial berbahasa Spanyol garapan Alex Pina ini sempat tidak laku saat ditayangkan oleh Spanish Network Antena dan awalnya direncanakan untuk berhenti di musim kedua. Namun, serial ini kemudian diakuisisi oleh Netflix dan menjadi serial ngehits.

Cerita berfokus pada perampokan yang didalangi oleh tokoh bernama Professor, seorang brewok tampan berkacamata yang memiliki otak super fantastis dalam menyusun strategi dan mengendalikan perampokan dibalik layar. Professor memiliki delapan anggota yang bergabung dalam timnya. Nama para anggota diambil dari nama beberapa kota di seluruh dunia, yaitu Tokyo, Rio, Berlin, Nairobi, Moscow, Denver, Helinski, dan Oslo. Setiap anggota tim memiliki karakter masing-masing yang mengundang simpati dari para penontonnya. Seringkali kita lupa bahwa mereka melakukan tindakan kriminal. Meskipun menggunakan alur maju mundur, serial ini tidak membingungkan penontonnya untuk mengikuti keseluruhan episode serial.

Alvaro Morte, pemeran Professor mengatakan, karakter Professor memiliki beberapa aturan dalam aksi perampokan. Contohnya, tim Professor tidak boleh melukai para sandera dan menghindari jatuhnya korban. Perampokan tersebut juga tidak boleh mengambil uang yang sudah ada di dalam bunker penyimpanan uang, melainkan mencetak uang sendiri. Apabila jatuh korban, maka Professor akan memberi hukuman pada anggota tim yang bersalah. Adu taktik antara polisi dengan Professor dan timnya mewarnai jalannya cerita dan membuat kita yakin bahwa Professor selalu melangkahi taktik polisi lebih awal.

Penggambaran karakter anggota tim Professor membuat emosi kita seakan menaiki roller coaster. Hal ini dikarenakan, serial ini menampilkan dua sisi sifat manusia, yaitu sisi baik dan buruk. Akan tetapi meskipun manusia bersikap jahat, kita tetap berada di kapalnya (batasannya – red). Mulai dari Tokyo, yang menjadi pembuka atau narasi dalam serial ini, seorang perempuan berani, gegabah, dan menghadapi cinta lokasi dengan rekan setimnya, Rio. Berlin, yang dijadikan ketua oleh Professor dalam aksi perampokan, memiliki sifat narsistik, dan berani membunuh orang. Rio, anggota termuda yang merupakan kekasih dari Tokyo dan handal dalam melakukan peretasan. Nairobi, perempuan pemberani yang paling waras diantara anggota tim lainnya dan menyemarakkan emansipasi. Moskow dan Denver, seorang ayah dan anak yang memiliki sikap tidak tega saat disuruh Berlin untuk membunuh seseorang. Lalu Helinski dan Oslo, dua pria kembar berbadan besar asal Serbia dan tidak banyak percakapan yang ditampilkan antara mereka berdua.

Pada musim pertama dan kedua, banyak penonton disuguhkan dengan alur kriminal dan percintaan. Sedangkan di musim ketiga dan keempat, serial ini lebih menampilkan banyak aksi, serta penambahan tokoh dalam Tim Professor seperti Lisbon, Marseille, Parlemo, Manila, dan Bogota untuk mengganti tokoh-tokoh yang gugur di musim sebelumnya.

Serial ini menjadi serial yang sukses dengan menggaet 23 penghargaan salah satunya kategori Best Drama Series di International Emmy Awards tahun 2018 serta masuk 30 nominasi di berbagai ajang penghargaan serupa.

Money Heist, serial berbalut kriminal dibumbui dengan drama ini, dapat menjadi teman dalam mengusir rasa bosan di tengah pandemi. Selain itu bisa jadi alternatif belajar bahasa baru. Serial ini juga bisa dimasukkan ke dalam list marathon serial. Tak hanya itu saja, penggarap serial ini ternyata baru saja mengumumkan akan membuat musim kelimanya. Menarik bukan? Hanya saja, apabila menonton marathon harap bijak, jangan kurang tidur dan perbanyak minum air putih. Gracias! 


SHARE THIS

0 komentar: