Sabtu, 21 Desember 2019

Wabah Cidro di Kalangan Anak Muda

dok.internet/YouTube Channel Gofar Hilman


“Remuk ati iki yen eling janjine, ora ngiro jebul lamis wae, dek opo salah awakku iki, kowe nganti tego mbelanjani janji...” Begitulah sepenggal lirik lagu Cidro yang dinyanyikan dan dipopulerkan oleh Didi Kempot.

Tidak disangka, nama Didi Kempot menjadi sangat populer di kalangan anak muda belakangan ini. Sosok yang dikenal sebagai “Godfather of Broken Heart” tersebut, menarik perhatian publik dengan lirik patah hati di setiap lagunya. Lagu-lagu Didi kempot dinyanyikan dengan bahasa jawa sehari-hari yang dapat menyentuh hati para pendengar, salah satunya adalah lagu berjudul Cidro.

Lagu Cidro bercerita mengenai seseorang yang menjalani hubungan jarak jauh dengan kekasihnya lalu kemudian dikhianati. Banyak anak-anak muda yang merasa lirik lagu tersebut sesuai dengan yang sedang mereka alami. Sehingga, lagu Cidro mendadak populer di kalangan mereka. Di sosial media sendiri, tersebar sebutan Wabah Cidro. Orang-orang yang terserang wabah tersebut menamai diri mereka sebagai Sobat Ambyar. Atau dalam istilah kerennya, mereka terdiri dari Sad Boys and Sad Girls. Selain lagu Cidro, adapun lagu-lagu lain dari Didi Kempot yang sedang digandrungi kaum muda. Diantaranya yaitu Suket Teki, Pamer Bojo, Layang Kangen, Dalan Anyar, dan masih banyak lagi.

Dalam karya-karyanya, Didi Kempot dianggap mengangkat narasi yang memiliki korelasi kuat dengan realitas percintaan anak-anak masa kini. Hampir setiap anak muda pernah mengalami permasalah cinta seperti yang digambarkan pada lagu-lagu Didi Kempot.

“Didi Kempot mampu menyuarakan keresahan yang sedang dialami oleh anak-anak muda, terutama dalam urusan percintaan. Dalam membawakan lagu-lagunya, ia selalu mampu membuat pendengar menggali kesedihan yang mendalam.” ujar Gede (20), salah satu pendengar lagu Didi Kempot.

Bulan Juli lalu, salah satu influencer yaitu Gofar Hilman sempat mengundang Didi Kempot untuk menjadi bintang tamu acara #NGOBAM (Ngobrol Bareng Musisi) di channel YouTube-nya. Dalam videonya, terlihat acara tersebut juga dihadiri banyak penonton yang sebagian besar adalah kalangan anak muda.

Godfather of Broken Heart. Beliau bukan penyanyi, tapi lebih dari itu, beliau adalah nyanyian itu sendiri.” tulis Abdul Ghofar dalam kolom komentar video tersebut.

Setiap lagu Didi Kempot memang selalu memiliki makna yang luar biasa. Setiap kata adalah kesedihan dan setiap bait adalah rapatan. Semua kisah dalam lagu-lagu Didi Kempot dapat dirangkum dalam narasi : “We fall in love with people we can’t have.”


Zulfatin Naila

SHARE THIS

0 komentar: