Senin, 29 April 2019

Turnamen Basket SPECTRUM Selesai, Pendaftaran Lomba Esai dan Poster Masih Dibuka

Salah satu pertandingan dalam 3x3 Baketball Competitioan SPECTRUM FISIP UNS, Minggu (28/4/2019) di Gor UNS. (Dok. SPECTRUM)

Lpmvisi.com, Solo - Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) kembali gelar acara tahunan bertajuk Sport Education and Art Tournament (SPECTRUM). 3x3 Basketball Competition, menjadi pembuka dari rangkaian acara pada minggu (28/4/2019) yang bertempat di Gor UNS. Total tim yang bertanding sebanyak 11 tim dengan beranggotakan mahasiswa UNS dari berbagai fakultas.

Waskito Khrisna Aji selaku ketua panitia acara menjelaskan turnamen basket 3x3 dipilih karena waktu persiapan acara yang terbilang singkat. Namun menurutnya, dengan begtu acara ini diharapkan dapat fokus melihat antusiasme mahasiswa UNS sendiri. “Dulu (SPECTRUM tahun lalu-red) pertandingan tingkat mahasiswa dan SMA se Solo-Jogja. Karena waktu kita mepet jadi kita ambil yang paling ringkas, mahasiswa se-UNS” tutur Khrisna.

Danis salah satu peserta turnamen, yang merupakan mahasiswa Pendidikan Dokter UNS ini menyayangkan kurangnya sosialisasi dari panitia. Menurutnya peserta lomba masih terlalu sedikit. “Acara kedepannya, infonya di gencarkan lagi ya. Mungkin ada yang mau main tapi masih belum sempat daftar,” ujar Danis.

Lain lagi dengan Letie, alumni program studi Psikologi UNS yang sengaja datang untuk menyaksikan pertandingan merasa senang karena tidak perlu membayar untuk menonton. Namun ia mengharapkan pada acara tahun depan dapat menghadirkan pertandingan basket full team. “Besok besok kalo bisa full team sekalian. kalau 3x3 kan cuma 12 menit ya, sayang,” tutur Letie.

Penyerahan hadiah pemenang turnamen basket 3x3 ini dilakukan pada hari yang sama. Tim Lucky Boys tercatat sebagai juara 1, Juara 2 Tim Art Of Shoot, dan Tim Doa Ibu sebagai Juara 3.
Tim Lucky Boys, Juara 1 3x3 Basketball Competitioan saat berfoto Bersama usai penyerahan hadiah dari perwakilan panitia. (Dok. SPECTRUM)

Selain tunamen basket, SPECTRUM juga mengadakan lomba menulis esai dan design poster tingkat nasional. Reksa Bhuana heal the earth, heal the future menjadi tema untuk SPECTRUM tahun ini. Khrisna menjelaskan, tema tersebut dipilih karena melihat kondisi bumi saat ini yang dianggap memprihatinkan. “Kita ingin mejaga bumi untuk kehidupan yang lebih baik. Tema ini berpengaruh di lomba poster dan lomba esai,” jelas Khrisna.

Khrisna menjelaskan pula bahwa pendaftaran dan pengumpulan karya poster dan esai dapat dilakukan secara online. Penjurian karya akan dilakukan oleh dosen-dosen UNS yang ahli dibidangnya. “Pengumpulan karya melalui link yang sudah di kasih. Akhir pengumpulan tanggal 8 Mei 2019, ujar Khrisna.

Sayangnya, gelaran SPECTRUM tahun ini tidak mengadakan acara puncak sebagai penutup rangkaian kegiatan. Pengumuman pemenang lomba hanya akan diumumkan melalui media sosial Instagram. “Untuk pengumumannya melalui Instagram saja, untuk hadiahnya akan kita paketkan ke alamat yang terdaftar,” ujar Khrisna

Saat ditanya menganai harapannya pada SPECTRUM tahun depan, Khrisna menyebutkan agar cabang lomba dapat lebih bervariasi.  Harapannya, untuk lomba bisa ditingkatkan lagi, cabang lomba mungkin bisa lebih bervariasi. Basketnya mungkin bisa 5x5, bisa ditambah lomba dance, lomba tari atau lomba sastra dan sebagainya, pungkas Khrisna. (Prissil, Yuni)


SHARE THIS

0 komentar: