Minggu, 10 Maret 2019

Tunjukkan Eksistensi, UNS Adakan Lomba Kano


Keberlangsungan acara lomba kano, Sabtu (9/3/2019). (Dok. Visi/Fajrul)

Lpmvisi.com, Solo - Pertandingan kano sebagai ajang memeriahkan acara Dies Natalis Universitas Sebelas Maret (UNS) ke-43, pada Sabtu (9/3/2019) berlangsung meriah. Acara ini merupakan serangkaian dari acara Peresmian Danau UNS yang berlangsung di hari yang sama. Danau UNS yang baru resmi dibuka menjadi tempat pelaksanaan acara tersebut.

Even lomba kano yang baru terlaksana tahun ini diselenggarakan oleh panitia yang berasal dari Fakultas Kepelatihan Olah Raga (FKOR) UNS. Menurut penuturan Kamilia, salah satu panitia lomba kano, even ini juga bertujuan sebagai ajang FKOR untuk memperkenalkan fakultasnya yang tergolong baru “FKOR kan masih baru di UNS, kita baru berdiri tahun 2018 yang lalu,” ujar Kamilia menambahkan.

Berkat dukungan dari berbagai pihak, khususnya kepada pihak penyelenggara yakni FKOR UNS dan juga pihak sponsor seperti “Eagle”, acara yang memakan biaya tak sedikit ini bisa sukses dan lancar.Untuk peralatan seperti kanonya dari FKOR sediri yang membeli,” imbuh Dian, salah satu panitia lomba kano. “Saya berharap acara ini bisa menjadi agenda rutin tiap tahunnya, dan sebuah kebanggan menjadi panitia, mengingat tujuan yang baik memperkenalkan Fakultas kami yaitu FKOR,” ujar panitia acara perlombaan kano, Kamilia dan Dian.

Acara perlombaan kano tidak hanya menarik perhatian dari kalangan warga kampus saja, beberapa masyarakat Solo juga turut berpartisipasi. Acara dimulai pukul 07.30 WIB, dengan agenda sebelumnya yakni registrasi ulang. Peserta dari berbagai daerah tidak ragu untuk melibatkan diri dalam pertandingan kano. Menurut penuturan Dian jumlah peserta sekitar 150 orang yang terdaftar melalui media daring dan masih ditambah dengan adanya peserta yang mendaftar secara langsung di lokasi lomba. Pendaftaran yang tidak di pungut biaya dan juga hadiah berupa sepeda motor serta sejumlah uang menjadi daya tarik tersendiri bagi pendaftar.Saya pingin ikut lomba karena kalo menang bisa dapet motor,” ujar Hanafi (18) salah satu peserta lomba kano.

Harapan Hanafi dari acara ini agar bisa terus dilaksanakan dari tahun ke tahun. Agar UNS pun juga bisa menjadi salah satu contoh pencentak atlet-atlet olah raga kano di Surakarta. “Sebenarnya banyak bibit-bibit atlet di Solo, cuma wadahnya saja tidak ada, tutur Hanafi. Peserta lainnya, Daffa (16) menyatakan “Acara ini baik apabila bisa terus dilaksanakan mengingat lomba ini seru, hanya saja harapannya peserta bisa digolongan sesuai kemampuannya , supaya lebih fair pelaksanaannya."

Salah seorang pengunjung, Nova juga turut memberikan harapan terhadap keberlangsungan acara, “Melihat perlombaan yang seru seperti ini para penonton pun juga dibuat penasaran melihat perlombaan.” Nova juga menambahkan bahwa perlombaan seperti kano juga berguna bagi masyarakat sebagai hiburan disaat liburan, mengingat danau UNS yang juga telah direnovasi menjadi lebih nyaman. Menurut data keluaran resmi dari UNS, danau tersebut berkedalaman sekitar 2-3 meter, dengan luas genangan danau seluas 1,206 Ha. Danau yang airnya bersumber dari Kali Kendil dan drainase kota ini diharapkan bisa menjadi salah satu fasilitas unggulan di UNS. (Dania, Tiara)


SHARE THIS

0 komentar: