Monday, July 31, 2017

Berkreasi dan Berbagi Lewat International Relation Festival

Salah satu penampilan dalam Charity Concert International Relation Festival yang diadakan di The Park Mall, Solo. (Dok. VISI/Laila)

lpmvisi.com, Solo - Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional (Himaters) FISIP UNS untuk pertama kalinya menyelenggarakan acara International Relation Festival dengan mengambil tema Enhanching Humanity Among Youth. Acara ini bertujuan menanamkan rasa kemanusian sekaligus mengajak masyarakat untuk berdonasi dan berkreasi dengan berbagai lomba yang diadakan.

"Sebagai mahasiswa, kita ingin menanamkan kembali rasa kemanusiaan dalam diri kita kepada orang lain sekaligus memberi manfaat bagi masyarakat," ungkap Jihan Annisa, mahasiswa Hubungan Internasional (HI) 2015 yang sekaligus merupakan ketua penyelenggara acara.

Rangkaian acara International Relation Festival berlangsung selama satu minggu, dimulai dengan diselenggarakannya "One Day as an IR" pada 23 Juli lalu yang merupakan acara seminar bagi para siswa SMA ataupun umum yang ingin merasakan menjadi mahasiswa jurusan Hubungan Internasional dalam sehari. Seminar ini sekaligus menjadi ajang promosi dan pengenalan Prodi HI kepada masyarakat luas. Lalu ada lomba fotografi dan akustik untuk kalangan masyarakat umum.

Selain itu, panitia penyelenggara juga mengadakan open donation bagi para masyarakat yang ingin menyumbangkan sebagian dananya. Masyarakat dapat menyumbang dana open donation melalui rekening ataupun diberikan secara langsung oleh panitia.

"Keuntungan dari acara tersebut akan disumbangkan kepada dua yayasan yaitu Yayasan Penyandang Anak Cacat (YPAC-red) dan yayasan Lentera (untuk penderita HIV-red)," tambah Jihan.

Kegiatan dilanjutkan dengan acara puncak Charity Concert sekaligus penggalangan dana pada Minggu (30/7/2017) berlokasi di The Park Mall. Acara tersebut dimeriahkan oleh  Kireishi, Slokaswara, Anak - anak dari YPAC, IR Vocal Group, IR Dance, dan IR Band.

Salah satu penampilan dalam Charity Concert International Relation Festival. (Dok. VISI/Laila)

Para penonton nampak antusias menyaksikan acara puncak tersebut. Mulai dari para remaja hingga orang tua terlihat begitu menikmati rangkaian konser yang diadakan dari siang hingga malam. Juwita, salah satu penonton yang ditemui VISI mengaku acara ini sangat bermanfaat khususnya bagi mahasiswa mahasiswa.

“Sebagai mahasiswa, kita seperti diajak untuk menumbuhkan rasa kemanusiaan kepada orang lain, dan berharap kesadaran masyarakat akan acara-acara charity seperti ini," pungkasnya. (Mira, Laila)

SHARE THIS

0 comments: