Thursday, August 11, 2016

Elang- Elang Pengawal Dirgantara RI

Pernahkah Anda mendengar filosofi dalam kemiliteran “siapa yang menguasai udara, niscaya akan memenangkan peperangan” ? Sebagai negara berdaulat dan mempunyai kekuatan militer, tentunya negara kita berusaha untuk terus meningkatkan pertahanan efektif, tak terkecuali dari matra udara. Angkatan udara mampu menjadi pasukan terdepan dalam menanggulangi ancaman yang datang dari luar wilayah serta mampu melakukan serangan kepada musuh.

Indonesia sendiri mempunyai pesawat- pesawat perang yang sangat canggih diantaranya F 16, Sukhoi, Su- 27 dan Su- 30. Ketiga pesawat tersebut mempunyai fungsi yang penting dalam pertahanan dirgantara RI dan mempunyai kecanggihan khusus. Untuk mengetahui kehebatan jet- jet tempur TNI AU, mari kita ulas satu per satu.

F 16 Fighting Falcon

Dok.internet
Jet tempur buatan Amerika ini mempunyai panjang 15 meter dengan rentangan sayap sepanjang 9,96 meter. Mampu membawa berat isi hingga 12 ton dan mempunyai kecepatan laju 2.410 kilometer per jam. Jet F 16 dilengkapi dengan kemampuan membawa rudal AIM-9 Sidewinder, dan F 16 generasi paling baru mampu membawa segala jenis rudal. Mempunyai cirri khas kaca kokpit yang menggelembung sehingga penglihatan pilot lebih leluasa. Selain itu, jet ini mampu mengeluarkan flare pengecoh rudal, sehingga pilot dapat menyelamatkan diri dari musuh.

Selain mempertahankan wilayah udara dari ancaman, F 16 juga mengadakan Escort atau pengawalan udara terhadap pesawat kepresidenan RI

Sukhoi Su 27 Flanker

Dok.internet

Merupakan jet tempur buatan Rusia yang mampu melakukan banyak manuver. Penggunaan pesawat ini tidak hanya di Rusia tetapi juga diberbagai negara seperti Vietnam, China, Aljazair juga Indonesia. Jet ini dirancang dengan kemampuan serang udara jarak jauh dilengkapi dengan rudal serang daratan. Sukhoi Su 27 ini juga memungkinkan mengisi bahan bakar di udara sehingga tidak perlu melakukan pendaratan. Jarak yang mampu ditempuh untuk sekali pengisian bahan bakar  mencapai 5400 kilometer. Teknologi tempurnya mampu mendeteksi, mengunci serta menyerang sasaran 360 derajat di segala kondisi cuaca.

Sukhoi Su 30 Flanker- C

Dok.internet
Merupakan pesawat tempur multi peran dan  yang digunakan beberapa negara di dunia yaitu Rusia (negara asal), Indonesia, India, Tiongkok dan Malaysia. Jet ini dilengkapi dengan teknologi radar yang mampu melacak 10 target sekaligus. Tak heran jet ini mampu dijadikan sebagai pemimpin pesawat tempur taktis. Jet ini berkapasitas dua orang pilot dengan panjang pesawat 21,93 meter serta lebar sayap 14,7 meter dan mampu terbang dengan berat maksimal 34.500 kilogram. Sayapnya mampu membawa beban artileri seperti peluru kendali udara ke udara, udara ke darat, roket dan bom. Sama halnya dengan Sukhoi Su 27, Su 30 mampu melakukan pengisian bahan bakar di udara. Sukhoi Su 30 Flanker-C ditugaskan bersama F 16 untuk mengawal pesawat kepresidenan RI. (Prasasti)


SHARE THIS

0 comments: