Saturday, October 31, 2015

Edukasi Musik Jazz Lewat Parkiran Jazz

Dok.VISI/Asti
lpmvisi.com, Solo – Parkiran Jazz kembali digelar di Balai Soedjatmoko pada Kamis malam (29/10). Acara yang merupakan event rutin tiap bulan itu, kali ini mengangkat tema ‘Fusion Jazz’. Parkiran Jazz kali ini menampilkan performance dari HALO Project, B’Fusion, Bayu Raditya Project feat I Komang Kusuma Adi dan Sojazz Ensemble.
“Parkiran Jazz ini memang event rutin tiap bulan yang diselenggarakan Solo Jazz Society dan bekerja sama dengan Balai Soedjatmoko. Acaranya ini sudah ada sejak  bulan Maret 2011 dan biasanya diselenggarakan pada hari Kamis minggu terakhir di tiap bulannya,” tutur Adit, panitia Parkiran Jazz. Ketika disinggung soal pemilihan tema, Adit mengungkapkan, setiap bulannya Parkiran Jazz selalu mengangkat tema yang berbeda. Akan tetapi, tema yang diangkat selalu seputar style dalam musik jazz itu sendiri.
“Tema kali ini Fusion Jazz. Fusion Jazz ini merupakan percampuran antara jazz dengan genre musik lain seperti rock, blues, soul atau musik lain yang akrab di budaya setempat. Untuk pemilihan tema kami selalu mengangkat style-style dalam musik jazz tapi kadang tema yang diangkat juga menyesuaikan momen. Misalnya waktu bulan Agustus kami mengangkat tema ‘Jazz Merah Putih’ karena momennya adalah HUT RI,” jelasnya.
Untuk pengisi acara, Adit mengatakan bahwa tidak selalu dari Solo. Beberapa kali Parkiran Jazz mengundang musisi jazz dari luar Solo dan Parkiran Jazz kali ini terdapat pengisi acara yang datang dari Bali. Hal itu dilakukan agar Parkiran Jazz selalu bisa menyuguhkan musik jazz tak hanya dari kalangan lokal Solo saja.

Tujuan utama dari penyelenggaraan Parkiran Jazz ini adalah untuk edukasi. Adit mengakui bahwa Parkiran Jazz ini dielenggarakan guna mengedukasi masyarakat Solo tentang musik jazz. Hal ini dilakukan karena selama ini, musik jazz masih belum akrab di telinga masyarakat Solo. Dengan diselenggarakannya Parkiran Jazz pada tiap bulan ini, diharapkan mampu membuat musik jazz mudah diterima dan disukai oleh masyarakat Solo. (Asti)

SHARE THIS

0 comments: