Saturday, November 29, 2014

Menpar Arif Yahya Buka Festival Payung Indonesia

Dok.VISI/Reiza
lpmvisi.com, Solo - Kementerian Pariwisata (Kemenpar) mengadakan Festival Payung Indonesia di Taman Balekambang, Manahan. Acara ini diadakan sejak Jumat sore sampai Minggu, (28-30/11/2014) selama tiga hari berturut-turut.

Festival yang baru diadakan pertama kali di Indonesia ini diawali dengan sambutan oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya. Dalam sambutannya, Arif Yahya berbicara seputar potensi kekayaan budaya Indonesia, salah satunya pada sektor ekonomi. Memanfaatkan wisatawan mancanegara yang berlibur di Indonesia. “Rata-rata wisman (wisatawan mancanegara –red) menghabiskan uang sekitar US$1.200,00,” ungkapnya. Pada pukul 17.30, acara ini resmi dibuka oleh Menpar Arief Yahya dan beberapa pejabat lain, seperti Walikota dan Wakil Walikota Solo, dengan membuka payung.

Dengan diadakannnya festival ini, menjadi keuntungan tersendiri bagi pelaku industri lokal di Solo dan kota-kota lain seperti Yogyakarta dan Tasikmalaya yang juga memiliki payung yang khas. Sebagai contoh, perwakilan dari Tasikmalaya menampilkan dan menjual payung geulis yang banyak diminati oleh pengunjung. Selain itu, pengunjung tidak hanya menikmati pertunjukan payung, tetapi banyak juga dari mereka yang foto bersama dengan para penari.

Selain pameran payung, dalam festival ini juga terdapat beberapa stand yang menampilkan display kebudayaan yang berasal dari kota-kota di Indonesia. Seperti stand dari Kemenpar yang menampilkan kebudayaan khas kota Semarang.


Meski hujan sempat mengguyur saat acara berlangsung, namun, ramainya pengunjung menunjukkan animo masyarakat yang tinggi terhadap acara kebudayaan nasional ini. (Reiza)

SHARE THIS

0 comments: