Wednesday, October 22, 2014

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Keluhkan Kondisi Laboratorium Radio


Dok.VISI/ Muna
lpmvisi.com, SOLO – Kondisi Laboratorium Radio S1 Ilmu Komunikasi FISIP UNS saat ini memprihatinkan. Peralatan untuk rekaman banyak yang telah rusak sehingga mengganggu proses pengerjaan tugas mata kuliah radio. Keluhan pun muncul dari para mahasiswa yang mengambil mata kuliah spesialisasi radio.


Luthfan Adi salah satunya. “Saya kira sebelum mengambil mata kuliah radio peralatan di radio itu sangat canggih, tapi ternyata tidak. Menurut saya laboratorium yang sekarang belum sesuai standar broadcast,” ujar mahasiswa semester lima tersebut, Rabu (22/10).

Menurut Luthfan peralatan  seperti mixer, headphone, dan microphone sangat kurang memadai. Hal itu menyebabkan hasil produksi suara yang dikerjakan oleh mahasiswa memiliki kualitas yang kurang, tidak sesuai dengan ekspektasi mereka.

“Hanya ada dua kabin yang dapat dipakai untuk rekaman, tapi yang satunya juga terkadang bermasalah. Padahal jumlah mahasiswa radio sangat banyak, angkatan saya sekitar 40 orang. Dan kami harus gentian untuk rekaman, bahkan mengantre hingga malam,” keluh Luthfan.

Kondisi itu juga disesalkan oleh Dimas Dwi Yunianto mahasiswa semester tujuh yang juga mengambil spesialisasi radio. Menurutnya, peralatan rekam yang sangat minim di laboratorium radio tersebut menjadi beban tersendiri bagi para mahasiswa.

“Sangat memberatkan. Bayangkan jika ada tugas kelompok, dan hanya satu kabin yang dapat digunakan untuk rekaman. Kita harus bergantian dengan kelompok lain, dan harus jeli mengatur jadwal untuk rekaman,” kata Dimas. (Muna)


SHARE THIS

0 comments: