Tuesday, May 20, 2014

ISYF Gelar “Indonesia Youth Forum” 2014 di Wakatobi

Dok. Internet
Indonesian Student and Youth Forum (ISYF) merupakan sebuah forum untuk pemuda Indonesia untuk terlibat aktif dalam pembangunan  pemuda di Indonesia melalui pengembangan dan pemberdayan sumber daya pemuda. Forum yang resmi didirikan pada tahun 2010 kini kembali mengadakan “Indonesia Youth Forum” yang ketiga kalinya pada tanggal 21-24 Mei 2014 di Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Indonesia Youth Forum kali ini hadir dengan tema “The Role of Youth : Action on preserving heritage and marine tourism sustainability”


“IYF 2014 akan mempertemukan 300 orang pemimpin muda  berprestasi kreatif dan inovatif, berusia 17-21 tahun yang memiliki  kontribusi terhadap lingkungan mereka melalui proyek sosial yang mereka gagas” ungkap A. Fajar Kurniawan, Founder & Director ISYF.
Untuk mengikuti kegiatan Indonesia Youth Forum 2014, calon peserta  akan melalui rangkaian seleksi dimulai dari seleksi administrasi, social project hingga seleksi online interview oleh panitia. Dari total 1024 peserta yang mendaftar sebanyak 250 terseleksi oleh panitia. Selain dari peserta yang mendaftar secara online panitia membuka kuota 50 orang untuk anak muda lokal, supaya terjadi sharing pemikiran dan menjaga keberlanjutan agenda-agenda pengembangan anak muda di Wakatobi. Beberapa proyek sosial menarik yang digagas oleh para Delegasi terpilih, diantaranya adalah pemanfaatan IT untuk mendukung gaya hidup  sehat, komunitas pemuda di wilayah perbatasan, hingga pusat parenting untuk mendukung peranan orang tua dalam memperbaiki karakter anak bangsa.
“Dengan diselenggarakannya Indonesia Youth Forum di Wakatobi, besar harapan dapat memberikan kontribusi positif bagi daerah dalam rangka pembangunan khususnya terhadap pengembangan dan pemberdayaan generasi muda Wakatobi, selain itu juga kami berharap anak-anak muda yang hadir dari berbagai daerah untuk mengikuti forum ini dapat menjadi duta promosi untuk Kabupaten Wakatobi di daerah nya masing-masing ketika sudah pulang.” Tutur Ir. Hugua Bupati Wakatobi.
Kegiatan yang didukung oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga RI, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Pemerintah Daerah Wakatobi, Tanoto Foundation, dan Telkomsel ini rencananya akan dibuka oleh Roy Suryo selaku Menteri Pemuda dan Olahraga. Beberapa rangkaian kegiatan yang akan dilakukan pada Indonesia Youth Forum 2014 yaitu Meet The CEO dengan PT. Microsoft Indonesia, Coca-Cola Foundation, David Hulse selaku CEO Ford Foundation Indonesia. Ministrial Forum Kemenparekraft RI, Kemenpora RI.
Program Live In bersama Suku-suku setempat juga turut dicanangkan. Selain itu 9 Alumni IYF 2013 akan mendemonstrasikan perjalanan proyek sosial mereka. Hadir pula pada sesi Meet The Leader, Bapak Jend. Purn. Luhut B. Panjaitan dan tentunya Bupati Wakatobi yaitu Bapak Hugua untuk berbagi pengalaman. (Luthfi)



SHARE THIS

0 comments: