Friday, December 13, 2013

Metro TV On Campus UNS, Belajar Jurnalistik dengan News Anchor Ternama

Dok.VISI/Muna
SOLO – Auditorium Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo hari ini, Jumat (13/12) terlihat ramai. Keramaian tersebut disebabkan kedatangan news anchor Metro TV untuk mengisi acara Pelatihan Jurnalistik, yang sekaligus menjadi rangkaian acara Metro TV  On Campus UNS 2013. Pembawa acara berita ternama di televisi berita tersebut ialah Zelda Savitri, Rory Arsyari, Sumi Yang dan Prabu Revolusi.

Dalam kesempatan tersebut, peserta yang mayoritas berasal dari ‘kampus hijau’ ini mendapatkan materi tentang jurnalistik dari keempat news anchor handal Metro TV itu. Zelda sebagai pemateri pertama menyampaikan tentang berita dan media, disusul Sumi yang menjelaskan materi tentang jurnalisme warga.

 “Menjadi jurnalis warga itu mudah ya, hanya harus memilik tiga hal. Pertama keingintahuan yang tinggi, kedua rasa ingin membagikan kepada orang lain, dan ketiga memiliki media dan tahu cara menggunakannya,” tutur Sumi saat menyampaikan materi. Pada akhir sesi materinya, news anchor yang terkenal pandai berbahasa mandarin itu memberikan kuis kepada para peserta pelatihan mengenai citizen journalism.

Sedangkan pembicara ketiga membicarakan mengenai bagaimana mengemas informasi menjadi sebuah berita untuk tayangan televisi. Rory Arsyari yang merupakan alumni Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UNS dipercaya untuk berbagi ilmu tersebut kepada para peserta. Tak hanya itu, diakhir acara Prabu Revolusi juga melatih peserta mengenai presenting.

Ratusan peserta yang telah mengantri tiket sejak pagi terlihat antusias mengikuti kegiatan ini. Salah satunya mahasiswa Ilmu Komunikasi UNS Ari purwadi yang mengaku senang mengikuti kegiatan itu. “Saya jadi makin tertantang untuk kerja di televisi berita setelah mengikuti acara ini. Sebelumnya saya sempat merasa kalau kerja di televisi itu terlalu menguras waktu, tapi ternyata setelah mendengar cerita dari news anchor Metro TV saya jadi tertarik,” kata Ari saat ditemui VISI dihari yang sama.

Namun, Ari menyayangkan masih banyak kursi penonton yang kosong. Menurutnya acara besar seperti ini seharusnya mampu menarik peserta yang lebih banyak lagi. Menanggapi hal itu, ketua panitia Baktiar Anang menjelaskan bahwa panitia sudah mengusahakan semaksimal mungkin. “Banyak yang sudah daftar, bahkan ribuan, namun yang sudah dapat tiketpun ternayata nggak sedikit juga yang nggak hadir,” ungkapnya.

Meski peserta yang datang kurang dari yang ditargetkan, Baktiar mengaku kegiatan ini bisa dibilang sekses. Baktiar juga menyatakan harapannya agar makin banyak acara seperti ini di kampus kota bengawan tersebut. “Semoga makin banyak kegiatan pelatihan seperti ini, untuk memfasilitasi mahasiswa, terutama yang tertarik dengan bidang jurnalistik,” katanya.

Sehari sebelumnya, ditempat yang sama telar digelar kompetisi Stand Up Comedy. Sedangkan besok, Sabtu (14/12) program Mata Najwa On Stage akan menghiasi auditorium UNS mulai pukul 14.00 WIB. Bintang tamu yang direncanakan hadir adalah Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, Mantan Wakil Presiden Indonesia Jusuf Kalla, dan Rektor Universitas Paramadina Anis Baswedan. Selain itu Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Abraham Samad dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowi juga dijadwalkan hadir dalam acara tersebut. (Muna)


SHARE THIS

0 comments: