Friday, October 4, 2013

Architect Day, Kenalkan Arsitek ke Masyarakat Umum



Pameran Maket dan Instalasi Architect Day
Dok.VISI/Ilham

Solo - Dalam rangka memperingati hari arsitek sedunia yang jatuh pada 3 Oktober, sebuah persembahan bertajuk “Architect Day” diselenggarakan di Paragon Lifestyle mall Solo. Event tersebut digelar oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Teknik Arsitek Fakultas Teknik (FT) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo. 

Menurut Devi Rusdiana Putri Ketua (19) Panitia Architect Day 2013, perayaan hari arsitek dunia dengan nuansa baru ini pertama kali diadakan di Solo. “Sebelumnya belum pernah ada peringatan seperti ini, apalagi diadakan di pusat perbelanjaan. Dan kegiatan ini masih akan berlangsung sampai hari sabtu 5 Oktober besok,” ujarnya ditengah-tengah pameran maket, Kamis malam (3/10).

Seluruh maket (scale model bangunan –red) yang dipamerkan dalam acara itu adalah hasil tugas akhir mahasiswa Teknik Arsitektur yang terbaru. Selain pameran maket juga dipamerkan beberapa panel sayembara yang pernah mendapat juara ditingkat nasional dan internasional. 

Pertunjukkan Akustik                                        Dok.VISI/Ifa
“Di awal acara tadi sudah ada pemutaran video tentang tata ruang bangunan. Nggak cuma itu, ada juga live sketch bersama, pameran instalasi dan interior. Selama acara juga akan banyak menampilkan pertunjukkan akustik di atas panggung,” sambung Devi. 

Ditemui ditempat acara Galih Aji Nugraha Ketua HMJ Teknik Arsitektur FT UNS mengatakan acara ini bertujuan untuk mengenalkan arsitektur kepada masyarakat. “Kadang masyarakat menganggap arsitek itu hanya tukang bangunan, padahal sangat berbeda. Kita mempelajari berbagai hal tentang pembangunan, terutama memberikan solusi terbaik untuk sebuah bangunan bahkan dilhat dari sisi psikologi,” tuturnya.

Ada keseruan dalam acara yang dibuka sejak jam 03.30 WIB tersebut. Menurut Galih hal yang seru dari acara hari ini adalah mahasiswa Teknik Arsitektur dari setiap angkatan diberi kesempatan untuk membuat live sketch. Setiap peserta diberi waktu sekitar 30 menit untuk membuat desain bangunan, dan hasilnya mengesankan.


Hasil Live Sketch Hildaria                               Dok.VISI/Ilham
“Desain yang menurut saya paling bagus hari ini adalah sketsa Hildaria Mahasiswa Teknik Arsitektur yang membuat sketsa dalam waktu 30 menit. Desainnya keren karena memperlihatkan massa arsitektur modern yang simpel tidak banyak ornamen. Pengolahan cahayanya juga sangat baik," jelasnya.


Fathirahman Haryanto (24) pengunjung Architect Day mengaku sangat baik karena sangat jarang diadakan. “Aku kasih enam jempol buat acara ini. Tapi, akan lebih baik lagi jika diperbaiki tata ruangnya, agar pengunjung yang datang bisa lebih leluasa untuk melihat pameran dan menikmati pertunjukkan,” tutup Fathir yang juga Alumni Teknik Sipil FT UNS.
 (Muna, Ifa, ilham)


SHARE THIS

0 comments: