Tuesday, April 13, 2010

Cuci Cetak Film Black and White

Baiklah.. coba share proses development film hitam-putih (alias nyuci)
sebenernya udah banayk yang bikin gimana caranya nyuci film b/w dengan baik dan benar..

cara nyuci film b/w yang paling gampang dan cepet, bukan cara yang sempurna, tapi sebagai langkah awal buat belajar gpp lah


alat dan bahan

1.
pertama-tama tentu perlu tabung-nya (developer tank) biasanya warna hitam tutupnya merah, lupa harganya.. 50ribuan kalo gasalah
dalam gambar telihat tabung dan isinya, standarnya lo dapet 2 spiral, biar bisa proses langsung 2 roll, kalau cuma dapet 1 berarti ditipu
untuk belajar,disaranin pake film yang paling murah... contoh lucky shd100, ada di dalam gambar, buat yang belum tau film ajaib ini


2.
lalu kimia nya.. zat zat kimia itu lah.. karena ngebahas yang paling simpel, kita cuma perlu developer ama fixer dan juga air tentunya

dalam gambar terlihat developer mereknya microMF seharga 3ribuan fixernya acifix, 4ribuan.. kodak d-76nya abaikan dulu, kecuali lagi punya banyak duit silakan ganti microMFnya dengan kodak atau kalau ilford biasanya ada id-11. fixer kalau yang mahal tersedia ilford rapid fixer seharga 200rebuan


boleh juga sediakan cuka, ga perlu2 banget tapi berhubung tersedia di dapur, ngga ada salahnya juga sih

kalau mau yang agak mahalan, tentunya ilford selalu menyediakannya kok.. bisa pake ilfostop, warna cairannya kuning percis seperti air kencing


3.
changing bag.. atau wadah hitam buat masukin film ke tabung.. biasanya di ruang gelap.

kiranya itu dulu prses cuci cetak black and white.selamat mencoba 
Oleh: Indira
Foto dari sini

SHARE THIS

0 comments: