Senin, 10 Juni 2024

Peringati Hari Jadi Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UNS, Malam Puncak Communication Party 2024 Berlangsung Meriah

(Kemeriahan penonton dalam Malam Puncak Communication Party UNS 2024 / Dok. Panitia)

Lpmvisi.com, Solo —  Malam Puncak Communication Party (Commparty) UNS 2024 telah diselenggarakan pada Jumat (7/6) pukul 16.00-21.00 WIB dengan bertempat di Pendopo Javanologi Universitas Sebelas Maret (UNS). Kepala Program Studi S1 Ilmu Komunikasi UNS Sri Hastjarjo, S.Sos., Ph.D turut hadir memberikan sambutan dalam pembukaan acara ini. Sederet penampilan seperti modern dance, Comcheers, Stand-Up Comedy, Band Angkatan 2021, dan Band Angkatan 2022 juga turut memeriahkan dalam acara yang menjadi puncak dari rangkaian sekaligus sesi awarding dalam Communication Party UNS 2024 ini. 


Commparty merupakan acara yang diselenggarakan setiap tahunnya oleh Mahasiswa Ilmu Komunikasi untuk memperingati Hari Ulang Tahun Program Studi Ilmu Komunikasi. Acara ini telah berlangsung sejak sekitar 10 tahun yang lalu dengan rangkaian acara mulai dari lomba tingkat nasional, pameran karya mahasiswa Ilmu Komunikasi, hingga seminar nasional. Konsep yang dipilih untuk Communication Party UNS 2024 adalah ‘Exploring Digital Culture’. Hal ini dikarenakan maraknya cyber crime hingga munculnya budaya (digital -red) baru. Sehingga pihak penyelenggara ingin acara ini dapat dijadikan sebagai ruang untuk mengulik lebih dalam seputar digital cyber dan dampak yang ditimbulkan oleh budaya digital. 


Acara ini terdiri dari serangkaian kegiatan, yaitu lomba yang berfokus pada bidang dan spesialisasi Ilmu Komunikasi antara lain video dokumenter, podcast, strategic plan proposal public relation dengan peserta dari berbagai kalangan mahasiswa di seluruh Indonesia. Selain itu, acara ini juga mengadakan Satu Ilkom (SATIL) sebagai bentuk pameran karya berupa karya tulis, foto, comic strip, maupun lukisan dari Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi FISIP UNS. 


(Penampilan modern dance dalam Malam Puncak Communication Party UNS 2024 

pada Jumat (7/6) / Dok. Alya)


Rangkaian acara yang lain adalah Communication Career Day (COCARD) 2024 yang merupakan sebuah program pelatihan berbasis digital yang dirancang bagi para mahasiswa dan calon profesional untuk membantu menghadapi dunia kerja di era digital ini. Program berskala nasional ini bertujuan untuk memberikan gambaran kepada mahasiswa terutama mahasiswa program studi ilmu komunikasi yang ingin menggali lebih dalam mengenai jenjang karir di masa depan dan apa saja yang perlu dipersiapkan. Selaras dengan tema yang diusung dalam program ini, yaitu ‘Digital Branding Bootcamp: Elevating Your LinkedIn Presence and Perfecting Your CV’.


Najwa Putri Syakira (20), Ilmu Komunikasi angkatan 2022, selaku Ketua Pelaksana Communication Party UNS 2024 mengungkapkan terdapat beberapa perbedaan antara pelaksanaan pada tahun ini dengan pelaksanaan di tahun-tahun sebelumnya. Najwa menjelaskan proses pencairan dana lebih mudah karena pihak jajaran program studi mulai memberikan perhatian khusus pada acara Commparty ini. Perbedaan juga terdapat pada topik pembahasan dalam topik workshop di tahun-tahun sebelumnya berfokus pada pengaplikasian, seperti bagaimana belajar menjadi jurnalis, sementara pada tahun ini berfokus pada topik yang lebih umum seperti persiapan curriculum vitae (CV) dan Linkedin. 


Acara Communication Party UNS 2024 ini memakan waktu selama 3,5 bulan dalam proses persiapannya sejak sekitar Maret hingga Juni 2024 dengan total panitia sebanyak 86 anggota. Meskipun menghadapi kendala seperti miskomunikasi di antara panitia dan urusan perizinan, Najwa mengaku sangat terbantu dengan banyaknya panitia yang berpartisipasi.


Improvement di humas yang dipecah, sekarang berfokus jadi tiga divisi ada roadshow, media partner, dan social media specialist jadi semuanya bener-bener kepegang dan fokus,” ungkap Najwa ketika diwawancarai oleh reporter VISI. Ia juga menambahkan lomba bertingkat nasional yang diadakan memperoleh sekitar 90-100 peserta dan sekitar 250-an peserta yang bergabung dalam online meeting Career’s Day. “Harapan aku tahun ini kan udah lebih baik daripada tahun lalu, tapi untuk tahun kedepannya mungkin lebih berprogress lagi dan lebih gokil,” pungkas Najwa ketika ditanya tentang harapannya terhadap acara ini.

Kenya (19), delegasi dari FISIP Basketball UNS (FIBAS), menyampaikan adanya kurangnya pengarahan untuk tempat parkir dan tempat registrasi. Panitia dinilai kurang inisiatif memberi arahan kepada pengunjung sehingga beberapa pengunjung sempat mengalami kebingungan. Selain itu, ia mengharapkan ada lebih banyak stan-stan penjual makanan. “Awalnya berharap ada es teh plastik cup tapi ga ada,” 


Di sisi lain, Kenya mengungkapkan acara berlangsung dengan seru. Ia secara pribadi mengaku semangat untuk datang ke acara ini karena dresscode yang ditentukan oleh panitia menarik, yaitu pink, putih, biru sehingga ia bebas berekspresi dengan balutan konsep warna tersebut. Kenya berharap agar acara dapat berlangsung lebih seru dan ramai lagi di tahun depan. Nindya (19), Mahasiswa D3 Ilmu Komunikasi Terapan, juga turut menyampaikan harapannya untuk acara ini agar dapat diadakan setiap tahun. “Kompak terus. Setelah itu, mungkin Ilkom lebih maju lagi, ya.” (Alya, Ayesa, Dhaniska)














SHARE THIS

0 Comments: